PGN Siap Selesaikan Proyek Pipa Gas Natuna Tahun Ini

Anggita Rezki Amelia
1 Agustus 2016, 17:46
PGN
Arief Kamaludin | Katadata

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk menyatakan akan menyelesaikan pembangunan pipa gas bumi dari pipa West Natuna Transportation System ke Pulau Pemping, Provinsi Kepulauan Riau tahun ini. Pembangunan pipa ini merupakan penugasan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Direktur Perusahaan Gas Negara (PGN) Suyono mengatakan sudah menyiapkan dana untuk membangun pipa gas dari West Natuna Transportation System. Dana itu sebagian berasal dari utang dan sebagian lagi dana pribadi perusahaan.

Dia pun mengaku optimistis proyek pipa ini bisa selesai sesuai target. “Tahun ini (bisa) selesai, tidak panjang pipanya,” ujarnya saat ditemui di Gedung BEI, Jakarta, Senin (1/8).

(Baca: Pemerintah Tugaskan PGN Bangun Pipa Gas Natuna ke Batam)

Berdasarkan Keputusan Menteri ESDM Nomor 6105 K/12/MEM/2016, penugasan kepada PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk menggunakan Anggaran perseroan. Kemudian, Badan Pengatur memberikan hak khusus dan menetapkan tarif pengangkutan gas bumi melalui pipa (toll fee).

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM I.G.N. Wiratmaja Puja pernah mengatakan, pembangunan pipa gas ini merupakan salah satu upaya mempercepat pengembangan blok migas di Natuna. Hingga saat ini belum ada pipa yang dapat menyalurkan gas ke daerah tersebut. Fasilitas produksi dan pipa hanya ada di kawasan barat Natuna, untuk mengalirkan gas ke Singapura.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...