Total Minati Blok Migas yang Dilelang Pemerintah

Arnold Sirait
19 Juli 2016, 13:23
Total Migas
Arief Kamaludin | Katadata

Lelang blok minyak dan gas bumi (migas) yang tengah digelar pemerintah mendapat respons positif dari para pelaku industri hulu migas. Salah satu perusahaan migas asal Perancis, Total E&P Indonesie, mengaku berminat mengikuti lelang tersebut.

President and General Manager Total E&P Indonesia Hardy Pramono mengatakan, pihaknya memang sedang mengevaluasi beberapa blok migas yang ditawarkan pemerintah. “Kami akan berpartisipasi pada pada tender itu,” kata dia kepada Katadata, Senin (18/7). Tapi, ia masih merahasiakan identitas blok-blok yang menjadi incaran Total.

Advertisement

Rencana Total mengikuti proses lelang tersebut seakan menepis spekulasi yang berkembang bahwa perusahaan asal Perancis ini akan hengkang dari Indonesia. Langkah itu akan diambil seiring berakhirnya masa kontrak pengelolaan Blok Mahakam tahun depan. Sekadar informasi, pemerintah tidak memperpanjang kontrak pengelolaan Blok Mahakam oleh Total dan menyerahkannya kepada PT Pertamina (Persero) pasca 2017.

(Baca: Pertamina Siap Jalan Terus Tanpa Total di Blok Mahakam)

Pada Senin (18/7) lalu, pemerintah mengumumkan penawaran Wilayah Kerja Minyak dan Gas bumi (WK Migas) Konvensional Tahap I Tahun 2016. Penawaran WK Migas ini adalah upaya untuk menambah kegiatan eksplorasi dan eksploitasi yang bertujuan meningkatkan penemuan cadangan migas nasional.

Jumlah WK Migas Konvensional yang ditawarkan sebanyak 14 WK yang terdiri dari 7 WK melalui mekanisme Penawaran Langsung dan 7 WK melalui mekanisme Lelang Reguler. (Baca: Pemerintah Akan Lelang Blok Emas Putih di Natuna)

Untuk meningkatkan minat investor berpartisipasi pada Penawaran Wilayah Kerja Migas Konvensional Tahap I Tahun 2016, pemerintah menerapkan skema baru, yaitu model lelang “open bid split”. Investor dapat menawar bonus tanda tangan dan split bagi hasil. Pemenang lelang akan ditentukan berdasarkan penawaran terbaik, usulan komitmen pasti eksplorasi, dan bonus tanda tangan. Selain itu, penawaran bagi hasil sesuai dengan tingkat keekonomian (owner estimate) yang tercantum dalam syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. 

Inilah 14 WK migas konvensional yang ditawarkan:

1. Bukit Barat (offshore Kepulauan Riau), dengan penawaran langsung.

2. Batu Gajah Dua (onshore Jambi), penawaran langsung.

3. Kasongan Sampit (onshore Kalimantan Tengah), penawaran langsung

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement