Medco Gandeng Mitra Baru di Proyek Pembangkit Listrik Jawa 1

Arnold Sirait
18 Juli 2016, 15:09
Medco
Arief Kamaludin|KATADATA
Medco Energi

PT Medco Power Generation Indonesia menyatakan tetap tertarik untuk mengikuti proses lelang pembangkit listrik Jawa 1. Namun, dalam lelang kali ini anak usaha Grup Medco ini mengganti mitra konsorsium untuk menggarap proyek tersebut.

Presiden Direktur PT Medco Power Generation Indonesia Lukman Mahfoedz mengatakan, pihaknya dalam lelang kali ini akan menggandeng Korea Electric Power Corporation dan Nebras Power. Padahal, sebelumnya Medco bermitra dengan Mitsui. (Baca: PLN Ubah Syarat, Pertamina Ancam Mundur dari Proyek Listrik Jawa 1)

Menurut Lukman, pergantian mitra tersebut karena Medco menilai pembangkit Jawa 1 merupakan proyek yang penting dan strategis. “Jadi kami bermitra dengan yang punya komitmen,” kata dia saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (18/7).

Lukman mengatakan, Medco tidak terlalu mempermasalahkan perubahan persyaratan tersebut. Apalagi, kepastian pasokan gas juga merupakan hal yang penting untuk pembangkit listrik.

Rencananya, dokumen lelang untuk Jawa 1 akan dikirim pekan depan. “Kami masih ikut tender Jawa 1, walaupu syarat usahanya diubah,” ujar dia.

Sekadar informasi, PLN mengubah ketentuan lelang Jawa 1 pada Mei lalu. PLN membuat aturan baru yaitu peserta lelang yang menang harus menggunakan gas dari Lapangan Tangguh di Teluk Bintuni, Papua, sebagai bahan bakar pembangkit. (Baca: Putusan Final Investasi Tercapai, Kilang 3 Tangguh Siap Dibangun)

Direktur Pengadaan PLN Supangkat Iwan Santoso mengatakan, perubahan syarat didasarkan pada kepentingan bersama. Dengan ketentuan baru ini, pengoperasian pembangkit ini dapat segera berjalan. Di sisi lain, ketentuan sebelumnya yang meminta pasokan gas mesti dari peserta lelang merupakan suatu kesalahan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...