Kementerian ESDM Rombak Jajarannya Pekan Depan

Arnold Sirait
15 Juli 2016, 12:55
Kementerian ESDM
Arief Kamaludin | Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan merombak jajarannya pekan depan. Perombakan ini bertujuan untuk penyegaran para pejabat di lingkungan kementerian tersebut.
 
Kepala Pusat Komunikasi Kementerian ESDM Sujatmiko mengatakan pejabat-pejabat baru tersebut akan dilantik pekan depan. “Pelantikan rencananya Rabu depan (20/7),” kata dia kepada Katadata, Kamis (14/7).

Selain mengganti dan menggeser pejabat lama, perombakan itu juga dengan menambah karyawan. Penambahan dilakukan karena ada empat unit baru di lingkungan Kementerian ESDM. Yakni Direktorat Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas, Direktorat Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi, Direktorat Penerimaan Mineral dan Batubara dan Inspektorat V.

Advertisement

(Baca: Kementerian ESDM Bentuk Dua Direktorat Khusus Infrastruktur)
 
Jumlah penambahan karyawan untuk mengisi posisi-posisi kosong ini diperkirakan mencapai 445 karyawan. Adapun proses lelang sudah dilakukan sejak akhir Mei lalu untuk posisi Direktur Penerimaan Mineral dan Batubara, Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi.
 
Selain dua jabatan tersebut, Kementerian ESDM juga melelang Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana, Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas, dan Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi. Saat ini ada 13 nama yang diajukan ke Menteri ESDM untuk dipilih mengisi proses lelang. 

Ke-13 nama itu yakni Alimuddin Baso, Aries Setyarto, Bambang Priandoko, Bambang Priyambodo, Hadijah, Hendra Iswayudi, Henk Subekti, I Gusti Suarnaya Sidemen, M.P. Dwi Nugroho. Ada juga nama Muhammad Abduh, Patuan Alfon, Upik Jamil, Wakhid Hasyim.

Kabar yang diperoleh Katadata, I Gusti Suarnaya Sidemen. Namun, Sujatmiko mengaku tidak mengetahui informasi itu.(Baca: Kementerian ESDM Rombak 21 Pejabat Eselon I dan II)

Menteri ESDM kemungkinan juga akan melantik Kepala Badan Geologi dan Staf Ahli Bidang Ekonomi Sumber Daya Alam. Kamis (14/7) kemarin, Sudirman Said sudah menyerahkan nama-nama calon posisi itu kepada Presiden Joko Widodo untuk diproses oleh Tim Penilai Akhir (TPA). “Siapa saja namanya nanti saja diumumkan,” kata Dirjen Migas I.G.N. Wiratmaja Puja. 

Selama menjabat sebagai Menteri ESDM, Sudirman memang kerap merombak posisi atau jabatan di lingkungan kementeriannya. Sebelum ini, ada 617 posisi pemimpin di Eselon 1, 2 dan 3 telah mengalami promosi, rotasi dan juga demosi. (Baca: Bentuk Direktorat Baru, Kementerian ESDM Tambah 445 Karyawan)

Bahkan, Sudirman pernah mengatakan rotasi yang dilakukan selama periode kepemimpinannya tercatat yang terbanyak sepanjang sejarah Kementerian ESDM. “Sekretraris Jenderal pernah bilang, kami tidak pernah melakukan rotasi sebanyak ini,” kata dia.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement