Beda dengan Harga Minyak Dunia, ICP Juni Turun Jadi US$ 44,5

Anggita Rezki Amelia
12 Juli 2016, 19:13
minyak
Katadata

Rata-rata harga minyak mentah Indonesia (Indonesia Crude Price/ICP) pada Juni lalu turun tipis 0,4 persen dari bulan sebelumnya menjadi US$ 44,50 per barel. Sedangkan ICP SLC juga turun US$ 3,82 menjadi US$ 45,64 per barel. Padahal, harga minyak dunia menunjukkan tren kenaikan pada bulan lalu.

“Hal ini mengingat di Juni 2016 terdapat koreksi harga minyak mentah SLC di pasar,” kata Tim Harga Minyak Indonesia seperti dikutip dari situs Direktorat Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Selasa (12/7).

(Baca: Produksi Turun, Harga Minyak Indonesia Melonjak 20 Persen)

Tim Harga Minyak Indonesia menjelaskan, ICP SLC pada Mei lalu meningkat tajam sebesar US$ 12,21 per barel dibandingkan bulan sebelumnya. Ini disebabkan adanya penawaran yang tinggi terhadap minyak mentah SLC di pasar oleh perusahaan dagang. 

Alhasil, koreksi harga minyak mentah SLC pada Juni lalu menyeret penurunan ICP SLC sebesar US$ 3,82 per barel dibandingkan Mei 2016. Sementara itu, terdapat 17  ICP dari 52 ICP minyak mentah Indonesia yang mengacu pada ICP SLC. Inilah yang menyebabkan penurunan rata – rata ICP minyak mentah Indonesia pada Juni lalu.

Di sisi lain, peningkatan harga minyak mentah utama dunia, seperti West Texas Intermediate, Brent, Basket OPEC, pada Mei lalu masih di bawah ICP SLC. Yakni hanya berkisar US$ 4,31 hingga US$ 5,67 per barel. (Baca: Bulan Depan, Pemerintah Pakai Formula Baru Harga Minyak)

Sedangkan rata-rata harga minyak mentah utama di pasar internasional pada Juni lalu meningkat dibandingkan bulan sebelumnya.

Harga minyak jenis Brent di bursa ICE naik US$ 2,28 per barel menjadi US$ 49.93 per barel. Adapun harga WTI di bursa Nymex naik US$ 2,06 menjadi US$ 48,85 per barel. Begitu pula harga basket OPEC naik US$ 2,61 menjadi US$ 45,82 per barel.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...