Holding Pertamina-PGN Membuat Harga Gas Lebih Murah

Anggita Rezki Amelia
30 Juni 2016, 11:30
pipa gas Pertamina
Arief Kamaludin|KATADATA
pipa gas Pertamina

PT Pertamina meyakini pembentukan induk usaha atau holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dapat membuat harga gas menjadi lebih murah. Ini karena akan ada sinergi antara PT Perusahaan Gas Negara (PGN) dengan PT Pertamina Gas.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan skema holding yang saat ini dibahas bukan untuk melebur PGN dengan Pertamina, tapi BUMN gas itu akan melebur menjadi satu dengan Pertagas. Efeknya aset Pertamina maupun PGN akan menjadi lebih besar.

Misalnya, aset Pertamina akan bertambah US$ 7,5 miliar menjadi US$ 52 miliar. Dengan peningkatan aset tersebut, menurut Dwi, kemampuan berinvestasi Pertamina dan PGN menjadi lebih besar. (Baca: Akuisisi PGN, Aset Pertamina Akan Bertambah Rp 100 Triliun).

Selain itu tidak akan ada lagi bentrok investasi, terutama pembangunan pipa gas. Selama ini, menurut Dwi, antara Pertagas dan PGN masih terjadi tumpang tindih dalam investasi pembangunan pipa gas.

Salah satu contoh tumpang tindih dalam investasi pipa gas terjadi di Duri Dumai. Setelah dua perusahaan pelat merah ini bersatu, hal tersebut tidak akan terjadi lagi. “Dampaknya sudah tentu harga gas bisa lebih baik,” kata Dwi saat buka bersama wartawan, di Jakarta, Rabu, 30 Juni 2016.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...