Pertamina Akan Bor 50 Sumur Sisipan di Blok Sanga-Sanga

Anggita Rezki Amelia
30 Juni 2016, 07:00
Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto
Arief Kamaludin|KATADATA
Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto

PT Pertamina menyiapkan beberapa program utama di Blok Sanga-Sanga, meski belum sah mendapatkan hak kelola wilayah kerja tersebut. Salah satu program yang akan dilakukan adalah infill driliing atau pengeboran sumur sisipan.  

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan Pertamina akan melakukan infill drilling sekitar 30 hingga 50 sumur per tahun jika mendapatkan hak kelola di Blok Sanga-Sanga. Infill drilling adalah pengeboran sumur di lapangan yang produksinya masih berada di bawah laju produksi yang efisien dari sisa cadangan yang ada. (Baca: SKK Migas: VICO Pangkas Rencana Pengeboran 40 Sumur Baru).

Selain itu jika Pertamina menjadi operator di Blok Sanga-Sanga, Dwi akan mengintegrasikan blok ini dengan Pertamina EP dan Mahakam. Nantinya melakukan interkoneksi jaringan listrik dan fasilitas produksi di blok tersebut dan Blok Mahakam. 

Pertamina juga akan mengintegrasikan personel dan kontrak-kontrak yang ada di Sanga-Sanga. Sehingga ada potensi pengurang biaya personel di blok tersebut.

Namun, perusahaan pelat merah itu masih menunggu dua tahun lagi untuk melakukannya. Hingga kontraknya berakhir di Agustus 2018,  Blok Sanga-Sanga masih dioperatori oleh VICO Indonesia dengan hak kelola 23,13 persen. Sementara sisanya dipegang oleh BP sebesar 26,25 persen, ENI 26,25 persen, CPC 20 persen dan Universe Gas&Oil sebesar 4,37 persen. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...