Blok Lematang Diperpanjang 10 Tahun, Medco Setor Rp 35 Miliar

Anggita Rezki Amelia
28 Juni 2016, 16:40
Medco
Medco
Medco

PT Medco E&P Lematang akhirnya menandatangani perpanjangan kontrak Blok Lematang. Anak usaha PT Medco Energi Internasional Tbk ini mendapatkan perpanjangan kontrak 10 tahun dan berlaku efektif mulai 6 April 2017.

Penandatanganan kontrak dihadiri Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi I.G.N. Wiratmaja Puja, Chief Executive Officer (CEO) Medco Energi, Direktur PT Medco E&P Lematang dan Direktur Lundin Lematang BV. Dengan penandatanganan kontrak ini, Wiratmaja mengatakan wilayah kerja Lematang akan berakhir pada 5 April 2017. 

Pemerintah, melalui Menteri Energi, pada April 2016 telah menyetujui usulan perpanjangan kontrak kerj sama wilayah kerja WK) yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan dengan luas 377 km persegi. Dengan penandatanganan ini, pemerintah menerima langsung bonus tanda tangan sebesar US$ 1 juta. (Baca: Medco Dapat Perpanjangan Kontrak Blok Lematang).

Wirat mengatakan komitmen investasi dari perpanjangan kontrak untuk tiga tahun pertama yaitu survei seismik dua dimensi sebesar US$ 1,5 juta, studi  G&G sebesar US$ 50 ribu dan fasilitas produksi sebesar US$ 1 juta dolar. Jadi total komitmen pasti tiga tahun pertama sebesar US$ 2,55 juta atau sekitar Rp 35 miliar menurut kurs tengah Bank Indonesia hari ini.

WK Lematang memiliki cadangan 70 miliar kaki kubik (BCF) dan berproduksi 68 MMSCFD yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik PLN di Sumatera Selatan. "Kami harapkan dengan perpanjangan ini, eksplorasi dilakukan, produksi bertambah sehingga listrik di Sumatera Selatan bisa lebih luas dinikmati masyarakat," kata dia di Gedung Kementerian ESDM, Selasa, 28 Juni 2016.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...