Mau Diambil ESDM, PLN: Kami Mampu Selesaikan Lelang Listrik 35 GW

Anggita Rezki Amelia
30 Mei 2016, 17:37
PLN
Arief Kamaludin|KATADATA

Keinginan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengambil alih lelang proyek pembangkit listrik 35 gigawatt (GW) mendapat respons dari PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) (PLN). Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengatakan, pihaknya tidak keberatan dengan wacana pengambilalihan lelang proyek 35 GW dari PLN ke tangan Kementerian ESDM.

“Boleh-boleh saja kalau mau menutup PLN. Menteri kan punya kewenangan,” ujar dia saat ditemui di kantor Pusat PLN, Jakarta, Senin (30/5). Tapi, dia juga mewanti-wanti Kementerian ESDM. Meski memiliki kewenangan di sektor listrik, Kementerian ESDM tidak bisa seenaknya mengambil alih kebijakan yang terkait dengan korporasi.

Menurut Sofyan, PLN masih berada di bawah naungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Artinya, apabila ada wacana dari Kementerian ESDM yang dapat mengganggu aksi korporasi PLN, maka Menteri ESDM perlu berdiskusi dengan Menteri BUMN.

(Baca: Empat Faktor Penghambat Realisasi Megaproyek Listrik 35 GW)

Sofyan mengklaim, PLN sebenarnya mampu menyelesaikan proses lelang proyek pembangkit listrik 35 GW sampai batas akhir Desember 2016. Meskipun saat ini PLN masih memiliki kekurangan tanda tangan kontrak pembangunan pembangkit sebesar 17 GW.  “Bisa diselesaikan. Desember tahun lalu saja bisa 8.000 MW,” kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...