Selain Tuban, Pertamina Tawarkan Rosneft Garap Kilang Lainnya

Anggita Rezki Amelia
23 Mei 2016, 17:51
minyak
Katadata

Setelah proyek kilang minyak di Tuban, Jawa Timur, Rosneft berpeluang menggarap proyek kilang lainnya di Indonesia. Alasannya perusahaan minyak dan gas bumi (migas) asal Rusia ini dianggap mampu dari sisi sumber daya.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto mengatakan, pihaknya sangat terbuka jika memang Rosneft bersedia bekerja sama investasi di kilang minyak. “Karena kami melihat pasokan minyak mentah dan teknologi yang dimilikinya,” kata dia seusai acara penetapan kontrak Basic Engineering Design Kilang Cilacap, di kantor pusat Pertamina, Jakarta, Senin (23/5). (Baca: Jokowi Restui Rosneft Jadi Mitra Pertamina di Kilang Tuban)

Dua alasan itulah yang menjadi faktor penentu Rosneft menjadi mitra Pertamina di Kilang Tuban. Menurut Dwi, Rosneft memiliki sumber daya minyak dan gas bumi yang besar di Rusia. Dengan begitu, Pertamina juga berharap dapat mengelola beberapa blok migas yang ada di Rusia.

Cadangan minyak dan gas bumi itu sangat penting untuk kebutuhan pengamanan energi di Indonesia. Sebab, produksi migas di Indonesia terus menurun dalam beberapa tahun terakhir. “Jadi harus ada pasokan besar dari luar negeri terkait itu sehingga bisa terintegrasi antara hulu dan hilir,” ujar Dwi.

Pertamina memiliki rencana pembangunan beberapa kilang minyak. Untuk kilang baru, selain Kilang Tuban di Jawa Timur, Pertamina akan membangun Kilang Bontang di Kalimantan Timur. Kapasitas kedua kilang ini sama, yakni 300 ribu barel per hari. Bedanya, skema pembangunan di Kilang Tuban adalah penugasan pemerintah kepada Pertamina. Sedangkan untuk Kilang Bontang adalah Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...