Jokowi Restui Rosneft Jadi Mitra Pertamina di Kilang Tuban

Arnold Sirait
20 Mei 2016, 20:39
Presiden Jokowi dengan Petinggi Rosneft 1
Biro Pers Istana
Presiden Jokowi dengan Petinggi Rosneft 1 di Rusia

Teka-teki mengenai siapa mitra PT Pertamina (Persero) di proyek Kilang Tuban akhirnya terjawab. Perusahaan minyak dan gas asal Rusia, Rosneft, terpilih sebagai investor yang akan bekerja sama dengan PT Pertamina (Persero) untuk membangun kilang di Jawa Timur.

Terpilihnya Rosneft sebagai investor Kilang Tuban terungkap setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan dari CEO Rosneft Igor Sechin. Pertemuan ini berlangsung di Hotel Radison Blu, Sochi, Rusia, Jumat (20/5). (Baca: Investor Asal Arab dan Rusia Berebut Garap Proyek Kilang Tuban)

Advertisement

Dalam pertemuan ini Jokowi didampingi beberapa menteri, yakni Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki. Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto pun juga ikut hadir dalam pertemuan ini..

Menurut Rini, dihadapan Jokowi, Rosneft menyatakan mereka sangat berharap bisa bekerj asama dengan Pertamina untuk membangun Kilang Tuban. Total investasi untuk proyek tersebut mencapai US$ 13 miliar dengan kapasitas produksi sebesar 320 ribu barel per hari.

"Mereka (Rosneft) mau memberikan komitmen itu, bahkan mereka ingin menjadikan Tuban sebagai kota penghubung perdagangan minyak," kata Rini dalam keterangan resminya, Jumat (20/5).

Jokowi menginginkan kerja sama Rosneft dengan Pertamina, tidak hanya dalam hal pembangunan kilang saja. Harapannya perusahaan Rusia ini juga bisa membangun storage atau tempat penyimpanan cadangan minyak di dalam negeri. (Baca: Pembebasan Lahan Kilang Tuban Sudah 78 Persen)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement