Rotasi Pejabat SKK Migas, Taslim Yunus Gantikan Elan Biantoro

Anggita Rezki Amelia
29 April 2016, 19:23
SKK Migas
Arief Kamaludin|KATADATA
SKK Migas

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) hari ini melakukan perombakan pejabatnya. Dalam rotasi ini, Elan Biantoro harus kehilangan posisinya sebagai Kepala Bagian Humas SKK Migas. Dia digantikan Taslim Z Yunus.

Taslim sebelumnya menjabat Vice President Management Representative SKK Migas. “Taslim Yunus menggantikan saya. Sekarang saya di Vice President Management Representative menggantikan dia,” kata Elan kepada Katadata, Jumat, 29 April 2016.

Perombakan tersebut, menurut Elan, merupakan hal normal sebagai program manajemen. Di posisi barunya, Elan akan membawahi beberapa kontraktor migas seperti CNOOC dan Genting Oil. (Baca: Terancam Setop, SKK Migas Minta Genting Ajukan Proposal Pengembangan)

Elan bisa dikatakan sudah makan asam garam di dunia migas. Dia memulai karir di SKK Migas sejak lembaga tersebut bernama Badan Pelaksana Migas. Pada September 2012 sampai Februari 2013, Elan menjabat Vice President Management Representative ExxonMobil Indonesia. Setelah itu dia dirotasi menjadi Vice President Public and Government Relation. Setahun di posisi tersebut, Elan kemudian pindah ke Vice President Management Representative for ConocoPhillips pada Februari 2014.

Tidak lama dari itu, pada Mei 2015, dia kembali menempati posisi Vice Public and External Relation and Vice President Program and Reporting. Lulusan Institut Teknologi Bandung 1983 ini menggantikan posisi Rudianto Rimbono yang menjabat Deputi Pengendalian Dukungan Bisnis. (Baca: Amien Umumkan Pejabat SKK Migas yang Baru)

Sementara itu, Taslim menjabat Vice Presiden Representative CNOOC SES Ltd sejak 2014. Latar belakang pendidikannya, Taslim meraih gelar Master of Management di bidang Manajemen Strategis pada Prasetya Mulya Business School pada 1997. Sementara gelar doktor bidang bisnis manajemen diperoleh dari Universitas Padjajaran pada 2008.

Taslim juga tercatat pernah menjabat Vice President Representative BP Migas di Conoco Philips sejak 2008 hingga 2011. Dia bahkan pernah digadang-gadang menjadi calon Direktur Utama Pertamina.

Sebelumnya, pada Januari 2016, sejumlah posisi pada level menengah di SKK Migas sudah dirombak. Salah satu alasan perombakan adalah beberapa orang yang menempati posisi tersebut sudah memasuki masa pensiun. (Baca: Kementerian ESDM Rombak 21 Pejabat Eselon I dan II).

Berikut ini posisi baru pegawai level menengah SKK Migas sejak Januari lalu tersebut.

  • Kepala Kelompok Kerja Pengawasan Kepatuhan: Zuldadi Rafdi
  • Kepala Sub Bagian Komunikasi dan Protokol: Nyimas Fauziah Rikani
  • Kepala Sub Bagian Hubungan Kelembagaan: Syaefudin
  • Kepala Kelompok Kerja Program dan Pelaporan: Sondang Maria M
  • Kadiv Pengawasan Realisasi Komitmen Rencana Pengembangan : Nizar Mujahidin
  • Tenaga Ahli: Nugrahani

    News Alert

    Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

    Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
    Video Pilihan

    Artikel Terkait