Pertamina Dapat Izin Mengakses Ruang Data Blok Masela

Arnold Sirait
28 Maret 2016, 12:18
Pertamina
Arief Kamaludin|KATADATA

KATADATA – Peluang PT Pertamina (Persero) mendapatkan hak pengelolaan di Blok Masela semakin besar. Saat ini, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) energi ini sudah mulai masuk ruang data atau data room ladang kaya gas yang berada di Laut Arafura untuk mempelajari blok migas tersebut.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan sudah melakukan pembicaraan dengan operator Blok Masela yakni Inpex Corporation. Perusahaan asal Jepang ini juga sudah membuka kesempatan untuk Pertamina bisa mengelola blok itu.  “Oleh karena itu, saat ini kami akan segera melaksanakan untuk masuk di data room-nya Blok Masela,” kata dia akhir pekan lalu. (Baca: Tak Akan Hengkang, Inpex Disebut Minta Insentif di Blok Masela)

Setelah melihat dan melakukan kajian mengenai data tersebut, Pertamina akan menegosiasikan berapa persen hak yang bisa dikelola. Perusahaan minyak dan gas  bumi (migas) milik negara ini ingin menguasai hak pengelolaan sekitar 10 sampai 20 persen. Namun hal tersebut masih akan dibicarakan lebih lanjut dengan kedua kontraktor Blok Masela Inpex Corporation dan Shell. Mengingat hak pengelolaan Blok Masela saat ini 65 persen dipegang oleh Inpex, sisanya dimiliki Shell.

Dwi mengatakan ketertarikan Pertamina dengan blok ini karena potensi yang ada sangat besar. Berdasarkan sertifikasi Lemigas 2015, cadangan gas di blok itu tercatat 10,73 triliun kaki kubik (tcf). “Ini juga menindaklanjuti arahan Presiden pemanfaatan blok itu kepada nasional sebesar mungkin. Tentu saja dalam masalah ini Pertamina harus mengambil posisi,” ujarnya.

Proses pengumpulan data Blok Masela ini juga diharapkan tidak terlalu lama. Dwi mengatakan untuk mengumpulkan data itu membutuhkan waktu sekitar empat sampai lima bulan ke depan. Dengan begitu Pertamina tidak perlu menunggu kontrak Blok Masela habis pada 2028, untuk mendapatkan hak pengelolaan. (Baca: Rizal Ramli: Banyak yang Antre Kalau Inpex Kabur dari Masela)

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...