Kawal Putusan Jokowi Soal Blok Masela, Sudirman Buat 4 Langkah

Arnold Sirait
24 Maret 2016, 17:37
Sudirman Said
Arief Kamaludin|KATADATA
Kepala SKK Migas, Amien Sunaryadi, Menteri ESDM, Sudirman Said dan Dirjen Migas, IGN Wiratmaja Puja di saat jumpa pers mengenai keputusan Presiden soal Blok Migas Masela, Jakarta, Kamis, (24/03)

KATADATA - Meski Presiden Joko Widodo akhirnya memilih skema di darat untuk mengembangkan Blok Masela, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menegaskan tidak akan mundur dari jabatannya lantaran lebih mendukung skema pengembangan di luat (onshore). Bahkan, dengan membuat empat langkah, dia berkomitmen mengawal keputusan Presiden tersebut.

“Tidak ada pikiran mundur sama sekali. Diberi kepercayaan mengurus ini suatu kehormatan dan kami kerjakan dengan sebaik-baiknya,” kata Sudirman dalam konferensi pers di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (24/3). Ia juga akan menandatangani revisi proposal rencana pengembangan atau Plan of Development (PoD) Blok Masela sesuai keputusan Presiden. 

Setelah adanya keputusan Presiden tersebut, Sudirman meminta  semua pihak berhenti berpolemik. Ia juga tidak pernah merasa kalah lantaran keputusan Presiden berbeda dengan pandangannya. “Saya netral. Ini kan bukan pertandingan bola, jadi tidak ada kalah-menang. Ini kebijakan publik, jadi yang terbaik untuk masyarakat,” ujar dia.

(Baca:  Jokowi Putuskan Skema Pengembangan Blok Masela di Darat)

Sejak Presiden mengumumkan keputusan skema pengembangan Blok Masela, Sudirman mengaku langsung menindaklanjutinya. Ada empat langkah yang dilakukan oleh Kementerian ESDM. Pertama, Menteri ESDM sudah mengirimkan surat kepada Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). Isinya meminta operator blok itu, yaitu Inpex Masela, melakukan studi ulang atas usulan revisi PoD.

Kedua, menurut Sudirman, SKK Migas sudah berkomunikasi dengan operator Blok Masela pada Rabu (23/3) malam. Pertemuan ini bertujuan menjelaskan keputusan pemerintah yang sudah memilih skema perngembangan di darat. Ketiga, Menteri ESDM juga menugaskan SKK Migas untuk berkomunikasi dengan gubernur, para bupati dan para pemangku kebijakan di Maluku agar memahami dan mendukung keputusan tersebut.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...