Jokowi Putuskan Skema Pengembangan Blok Masela di Darat

Arnold Sirait
23 Maret 2016, 13:24
jokowi
Katadata | Arief Kamaludin

KATADATA -  Setelah menunggu hampir tujuh bulan, pemerintah akhirnya memutuskan skema pengembangan Blok Masela. Presiden Joko Widodo memutuskan pengolahan gas untuk blok yang berada Laut Arafura tersebut menggunakan skema darat.

"Dari kalkulasi, perhitungan dan pertimbangan yang sudah saya hitung, kami putuskan dibangun di darat," kata Jokowi dalam rekaman pernyataan yang didapat Katadata dari Biro Pers Sekretariat Kepresidenan, Rabu (23/3). Jokowi mengungkapkan hal ini saat berada ruang tunggu keberangkatan Bandar Udara Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat, siang tadi.

Advertisement

Jokowi mengungkapkan dua pertimbangan yang mendasari keputusan ini. Pertama, pemerintah ingin perekonomian daerah dan perekonomian nasional bisa terimbas dari adanya pembangunan proyek Blok Masela. Kedua, dengan proyek ini wilayah sekitar regional Maluku juga bisa ikut berkembang pembangunannya. (Baca: SKK Migas: Skema Darat Blok Masela Buang Waktu dan Ongkos)

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan pihaknya akan segera menindaklanjuti keputusan ini. Pihaknya akan menyampaikan surat resmi kepada investor Blok Masela, yakni Inpex dan Shell dalam waktu dekat. "Kami akan menyampaikan kepada investor untuk mengkaji ulang seluruh usulan. Toh memang proses memutuskan investasi akhirnya kan pada 2018," ujarnya. 

Menurut Sudirman, kajian ulang yang akan dilakukan akan membuat proyek tersebut sedikit tertunda pelaksanaannya. Namun, dia akan meminta SKK Migas untuk membicarakannya lebih rinci lagi kepada Inpex dan Shell, agar penundaannya tidak terlalu panjang. (Baca: Seteru di Balik Kisruh Pengembangan Blok Masela)

Halaman:
Reporter: Safrezi Fitra, Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement