SKK Migas Sebut Jokowi Akan Rayakan Puncak Produksi Blok Cepu

Arnold Sirait
21 Maret 2016, 15:23
Blok Cepu
Katadata

KATADATA -  Setelah mundur 10 bulan dari rencana semula, puncak produksi Blok Cepu di Jawa Timur akhirnya tercapai pada Maret ini. Untuk memperingati momen tersebut, Presiden Joko Widodo dikabarkan akan turut merayakannya.

Kepala Bagian Humas Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Elan Biantoro mengatakan, awal Maret lalu produksi minyak di Blok Cepu sudah mencapai 165 ribu barel per hari (bph). Pencapaian ini lebih cepat dari target awal yang diperkirakan pada April mendatang. “Makanya dalam waktu dekat, ada celebration (perayaan) dari Presiden Jokowi sebagai bentuk peringatan puncak produksi,” kata dia kepada Katadata, Senin (21/3).

(Baca: SKK Migas: Puncak Produksi Blok Cepu April 2016)

Elan menjelaskan target tersebut dapat tercapai lebih cepat karena reservoir atau kubah penyimpanan minyak di Blok Cepu sudah lebih baik dari sebelumnya. Apalagi fasilitas produksi utama atau central production facility (cpf) di Blok Cepu telah beroperasi sejak Desember 2015. Sejak itu, produksinya naik secara perlahan. Sebelumnya, produksi di Blok Cepu hanya mengandalkan early oil expansion (eoe) dan early production facility (epf).

Blok Cepu memang menjadi salah satu andalan pemerintah dalam mengejar target produksi minyak siap jual (lifting). Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016, produksi dari blok ini ditargetkan 161 ribu bph. Sementara target lifting minyak nasional sebesar 830 ribu bph.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...