Menteri Sudirman: Harga Premium Bisa Turun Rp 800-1.000

Arnold Sirait
16 Maret 2016, 17:40
No image
Menteri ESDM Sudirman Said

KATADATA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah mengkaji harga baru bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Solar, yang akan mulai berlaku awal April nanti. Peluang penurunan harga Premium terbuka lebar di tengah masih rendahnya harga minyak dunia dan penguatan mata uang rupiah dalam beberapa bulan terakhir. Bahkan, Menteri ESDM Sudirman Said memperkirakan, nilai penuruhan harga Premium cukup besar.

Sesuai Peraturan Menteri ESDM Nomor 39 tahun 2015, penetapan harga BBM jenis tertentu yakni minyak tanah dan Solar dilakukan setiap tiga bulan sekali. Termasuk harga BBM khusus penugasan, yakni Premium untuk luar Jawa, Madura dan Bali (Jamali). Untuk bulan April ini, Sudirman memastikan harga BBM akan lebih rendah dibandingkan periode sebelumnya.

Advertisement

"Penurunannya sangat signifikan. Premium mungkin turun Rp 800 sampai Rp 1.000 per liter,” kata dia kepada Katadata, Rabu (16/3). Sejak awal Januari lalu, harga Premium untuk luar Jamali sebesar Rp 6.950 per liter. Artinya, harga Premium pada awal bulan depan bisa turun sampai menjadi Rp 5.950 per liter pada awal bulan depan.

(Baca: Pertamina Bisa Turunkan Harga Premium di Bawah Rp 5.000)

Menurut dua, penurunan harga Premium dilakukan setiap tiga bulan untuk menjaga kestabilan ekonomi. Pasalnya, perubahan harga BBM biasanya berdampak pada kestabilan harga barang-barang. Dengan evaluasi setiap tiga bulan, masyarakat dan pelaku usaha dapat lebih mempersiapkan perubahan harga BBM.

Meski harga minyak saat ini anjlok, pemerintah tidak mau gegabah memangkas harga BBM. Sebab, sewaktu-waktu harga minyak dunia bisa kembali naik. Padahal, penurunan harga BBM selama ini tidak otomatis mengerek harga barang-barang lain. Sebaliknya, jika harga BBM naik maka harga barang akan langsung melambung. “Kenaikan (harga) sedikit apapun, yang jadi paling korban adalah orang-orang bawah. Ini juga memerlukan kearifan,” ujar Sudirman.

(Baca: Ini Dampak Positif Evaluasi Harga BBM Tiap Tiga Bulan)

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement