Anak Usaha Bakrie Incar Proyek Jaringan Pipa Blok Masela

Arnold Sirait
22 Februari 2016, 16:23
pipa gas
Katadata | Arief Kamaludin
Jaringan pipa gas

KATADATA -  Meski pemerintah belu memutuskan skema pengembangan Blok Masela, sudah ada perusahaan yang mengincar keuntungan dari proyek tersebut. Salah satunya adalah PT Bakrie Pipe Industries. Anak usaha PT Bakrie & Brothers Tbk yang bergerak di bisnis pipa ini tertarik memasok kebutuhan pipa untuk proyek yang berada di Laut Arafuru, Maluku Selatan itu.

Presiden Direktur PT Bakrie Pipe Industries Mas Wigrantoro Roes Setiyadi mengaku sudah memantau proyek Blok Masela sejak tahun 2010. Selama kurang lebih lima tahun, dia mengikuti rencana perkembangan proyek itu. Termasuk perdebatan antara skema pengolahan gas di darat atau di laut (offshore) untuk mengolah gas alam dari blok tersebut.

Advertisement

Menurut dia, jika menggunakan skema di darat maka keuntungan yang didapat perusahaan akan lebih banyak dibandingkan skema onshore. “Peluang kami mendapat order lebih besar,” kata di Bekasi, Senin (22/2).

Ia pun telah menghitung, pipa yang dibutuhkan untuk pengembangan Blok Masela di darat bakal lebih banyak dibandingkan skema di laut. Jika menggunakan skema laut, pipa yang dibutuhkan tidak akan mencapai 5.000 metrik ton. Sebab, skema di laut hanya membutuhkan pipa dari mulut sumur di dasar hingga ke atas permukaan laut. Berbeda dengan skema darat, yang juga membutuhkan jaringan pipa dari permukaan laut hingga ke kilang pengolahan di darat.

(Baca: Kisruh Blok Masela, Faisal Basri: Perusahaan Pipa Punya Siapa?)

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement