Kementerian ESDM Rombak 21 Pejabat Eselon I dan II

Pergantian pejabat eselon I dilakukan karena adanya perubahan nomenklatur di lingkungan kementerian. Seperti, penguatan peran posisi staf ahli.
Arnold Sirait
19 Februari 2016, 15:21
Kementerian ESDM
Arief Kamaludin|KATADATA
Kementerian ESDM

KATADATA -  Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) merombak struktur organisasi sekaligus merotasi 21 pejabat eselon I dan eselon II. Perombakan tersebut bertujuan menyehatkan organisasi dan meningkatkan performa Kementerian ESDM.

"Kami harus seperti itu dalam organisasi. Dimana dari waktu ke waktu kami harus mengisi dengan hal baru seperti semangat baru, pikiran baru, dan orang baru," ujar Menteri ESDM Sudirman Said dalam pidato sambutannya saat acara pelantikan 21 pejabat Kementerian ESDM di kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Jakarta, Jumat (19/2).

Pelantikan itu melibatkan empat pejabat eselon I dan 17 pejabat eselon II. Pergantian pejabat eselon I dilakukan karena adanya perubahan nomenklatur di lingkungan kementerian. Seperti, penguatan peran posisi staf ahli.

Ada tiga posisi staf ahli. Pertama, Ronggo Kuncahyo memangku jabatan Staf Ahli Bidang Perencanaan Strategis. Kedua, Agus Budi Wahjono menempati posisi Staf Ahli Bidang Investasi dan Pengembangan Infrastruktur. Ketiga, Yun Yunus Kusumahbrata sebagai Staf Ahli Bidang Lingkungan Hidup dan Tata Ruang. Sementara itu, Agoes Triboesono bergeser dari posisi Sekretaris Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara (Minerba) menjadi Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan.

Rotasi juga terjadi pada posisi Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Mineral yang ditempati oleh Djadjang Sukarna, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi, Badan Penelitian dan Pengembangan ESDM Adhi Wibowo, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Minyak dan Gas Bumi, Badan Pendidikan dan Pelatihan ESDM Edi Prasodjo, dan Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Tisnaldi. Selain itu, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Mineral dan Batubara diduduki oleh Bambang Susigit dan Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Geologi Agus Salim.

Sedangkan Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi saat ini dijabat oleh Kasbani, Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi ESDM Albertus Susetyo Edi Prabowo, Kepala Pusat Survei Geologi, Badan Geologi Muhammad Wafid dan Kepala Pusat Komunikasi Publik Sujatmiko. Adapun Direktur Pembinaan Pengusahaan Batubara Ditjen Minerba Agung Pribadi dan Direktur Bioenergi, Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi Sudjoko Harsono Adi. Sedangkan Sekretaris Ditjen Minerba dijabat oleh Iwan Prasetya Adhi dan Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan ESDM Wawan Supriatna.

Di sisi lain, ada tiga pejabat baru di lingkungan Inspektorat Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Yaitu Inspektur I Bambang Utoro, Inspektur II Jonson Pakpahan, dan Inspektur V Murdo Gantoro.

Sudirman berharap Kementerian ESDM dapat bergerak cepat menghadapi tantangan sektor energi ke depan. Selain itu, para pejabat harus  bekerja dengan bersih dan sehat sehingga Kementerian ESDM bersih dari praktik Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN).

Ia juga mengklaim, perombakan struktur organisasi yang terjadi pada masa kepemimpinannya kali ini merupakan perombakan yang paling terbuka. Pasalnya, menteri tidak ikut campur dalam perombakan ini dan tidak melakukan intervensi. "Saya hanya berikan arahan, guidance apa saja yang diberikan pada setiap posisi yang kosong atau yang dilakukan pergeseran," katanya.

Reporter: Miftah Ardhian

Video Pilihan

Artikel Terkait