BUMN Lintas Sektoral Bersinergi Garap Proyek Infrastruktur Energi

Arnold Sirait
5 Februari 2016, 21:51
Jaringan gas rumah tangga
Arief Kamaludin | Katadata

KATADATA -  Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana melibatkan banyak perusahaan milik negara (BUMN) untuk bersama-sama menggarap proyek infrastruktur energi. Rencana tersebut dimungkinkan dengan memanfaatkan payung hukum yang membolehkan penunjukan langsung untuk mengggarap proyek-proyek strategis.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Teguh Pamudji menjelaskan, saat ini ada beberapa proyek yang gagal lelang untuk tahun anggaran 2016. Nilainya mencapai Rp 3,6 triliun. Sayangnya, dia enggan merinci proyek-proyek tersebut.

Advertisement

Agar proyek tersebut bisa berjalan, pemerintah berinisiatif dengan melakukan penunjukan langsung beberapa BUMN. Terkait dengan rencana tersebut, Kementerian ESDM mengundang sejumlah perusahaan BUMN di sektor minyak dan gas bumi, BUMN karya hingga perusahaan pelat merah di sektor lainnya, di Gedung Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Jakarta, Jumat (5/2). Yaitu PT Pertamina (Persero), PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), PT Krakatau Steel Tbk, PT LEN, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), PT INTI, PT Pindad, PT Dirgantara Indonesia dan PT Wijaya Karya Tbk.

(Baca: Pacu Serapan di Awal Tahun, ESDM Teken Proyek Rp 136,6 Miliar). 

Menurut Teguh, Pertamina dan PGN mendapat penugasan untuk menggarap proyek infrastruktur energi, seperti jaringan gas kota dan pembangunan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG). Dari proyek tersebut, nantinya Pertamina bisa bekerjasama dengan BUMN yang lain. “Pertamina biasanya melakukan pelelangan untuk melakukan kerja fisiknya. Sekarang bisa dikerjasamakan pekerjaan itu dengan BUMN yang biasa mengerjakan konstruksi, seperti Wijaya Karya dan Adhi Karya,” katanya.

Kerjasama tersebut juga bagian dari bentuk sinergi antar-BUMN. Meski begitu, pemerintah masih akan membahas rencana tersebut dengan BUMN lintas sektoral. Pekan depan, Kementerian ESDM akan kembali memanggil sejumlah BUMN untuk mematangkan mekanisme sinergi tersebut.  

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement