Investor Jepang Batal Danai Pengembangan Kilang Balikpapan

Arnold Sirait
20 Januari 2016, 18:11
Kilang Minyak
KATADATA

KATADATA - JX Nippon Oil & Energi Corporation berpotensi batal berinvestasi kilang minyak di Indonesia. Padahal, investor asal Jepang ini semula diplot menjadi mitra PT Pertamina (Persero) untuk mengembangkan kilang minyak di Balikpapan.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan, kegagalan kerjasama tersebut karena tidak adanya kesepakatan mengenai besaran investasi. Sebab, nilai investasi yang ditawarkan JX Nippon terlalu besar. Sedangkan Pertamina menghitung nilai investasi untuk pengembangan kilang tersebut sekitar US$ 5 miliar atau Rp 70 triliun. “Mereka minta 20 persen di atas perkiraan kami,” kata dia di Jakarta, Rabu (20/1).

Advertisement

(Baca : Pemerintah Siapkan Surat Penugasan Pertamina Bangun Kilang)

Selain nilai investasi yang terlalu besar, Dwi menganggap waktu penyelesaian proyek kilang tersebut terlalu lama. Pertamina menargetkan masa pembangunannya sekitar 2018 hingga 2022. Sementara JX Nippon meminta tambahan waktu sekitar dua sampai tiga tahun lagi. Permintaan ini tidak bisa dipenuhi karena Presiden Joko Widodo menginginkan proyek tersebut cepat selesai.

Meski JX Nippon batal menjadi mitra Pertamina, Dwi menjamin Pertamina akan melanjutkan proyek pengembangan kilang Balikpapan itu dengan dananya sendiri. Proses pembangunannya pun dilakukan bertahap.

Pada tahap pertama, Pertamina akan mengupayakan peningkatan kapasitas kilang dari 260 ribu barel menjadi 300 ribu barel per hari. Tahapan ini membutuhkan dana sekitar US$ 2,6 miliar.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement