Tahun Depan, Petronas Tak Akan Mengebor Sumur Baru

“Tahun 2018 kami belum ada pengeboran,” kata Andiono.
Arnold Sirait
Oleh Arnold Sirait
29 November 2017, 21:02
Petronas
Arief Kamaludin|KATADATA

Petroliam Nasional Berhad (Petronas) belum berencana melakukan pengeboran sumur baru untuk tahun depan. Perusahaan asal Malaysia ini, hanya melanjutkan beberapa pengeboran yang sudah dilakukan tahun 2017.

Senior Manager Corporate Affairs&Administration Petronas Carigali Indonesia Andiono Setiawan mengatakan tahun depan perusahannya memang hanya fokus pada operasi dan produksi. “Tahun 2018 kami belum ada pengeboran,” kata dia kepada Katadata.co.id, Rabu (29/11).

Namun, sampai saat ini Andiono belum bisa menyampaikan investasi yang dianggarkan perusahaan untuk tahun depan. Yang jelas, besaran investasi itu akan mengikuti rencana kerja dan anggaran (work, plan and budget/WP&B).

Adapun, tahun ini Petronas melakukan pengeboran tiga sumur. Perinciannya adalah dua sumur produksi di Lapangan Bukit Tua di Blok Ketapang  dan satu sumur eksplorasi di Blok North Madura II.

Pengeboran di Blok North Madura saat ini sedang dalam tahap persiapan. Tujuannya untuk mencari keberadaan sumber migas. “Kami masih persiapan mengebor,” kata Andiono.

Blok North Madura II masih berstatus eksplorasi. Petronas memegang hak kelola 100% di blok tersebut.Kontraknya berlaku sejak 22 Mei 2015 sampai 22 Mei 2045.

Sementara itu, pengeboran di Lapangan Bukit Tua saat ini masih berlangsung. Pengeboran di Lapangan ini bermaksud untuk meningkatkan produksi minyak dan gas bumi (migas).

Dengan tambahan itu, harapannya puncak produksi di Blok Ketapang bisa tercapai tahun ini. Adapun, puncak produksi tersebut ditargetkan 20.000 bph untuk minyak dan gas 50 mmscfd.

(Baca: Petronas Bersiap Bor Tiga Sumur Migas Hingga Akhir Tahun)

Adapun, sejak awal Januari hingga akhir September 2017, rata-rata produksi minyak di Blok Ketapang mencapai 17 ribu barel per hari (bph). Padahal target perusahaan hanya 16.200 bph. 

Video Pilihan

Artikel Terkait