Saka Ajukan Proposal Pengembangan Lapangan Sidayu

Tumbur pernah mengatakan, jika pengajuan proposal PoD Lapangan Sidayu bisa dimulai tahun ini, lapangan tersebut bisa berproduksi paling cepat akhir 2019.
Anggita Rezki Amelia
Oleh Anggita Rezki Amelia
14 September 2017, 17:39
Saka Energi AK
Katadata | Arief Kamaludin

PT Saka Energi Indonesia telah memasukkan proposal pengembangan lapangan (Plan of Development/PoD) Lapangan Sidayu di Blok Pangkah. Ini menindaklanjuti temuan cadangan minyak baru di blok yang terletak di lepas pantai Jawa Timur tersebut.

Anak perusahaan PT Perusahaan Gas Negara (Persero)/PGN itu memang sudah menargetkan pengajuan PoD Lapangan Sidayu pada kuartal III 2017. "Sudah di-submit," kata Chief Executive Offiecer Saka  Energi Tumbur Parlindungan kepada Katadata, Kamis (14/9).

(Baca: Saka Akan Ajukan Rencana Pengembangan Lapangan Sidayu Tahun Depan)

Tumbur pernah mengatakan, jika pengajuan proposal PoD Lapangan Sidayu bisa dimulai tahun ini, lapangan tersebut bisa berproduksi paling cepat akhir 2019. Apalagi perusahaan ini sudah mengebor beberapa sumur.

Di Lapangan Sidayu, Saka telah berhasil mengebor beberapa sumur Sidayu-1 pada 2001. Kemudian mengebor Sumur Sidayu-3 pada Juli 2015. 

Saka berhasil menemukan cadangan minyak dan gas bumi (migas) sebesar 300 juta barel setara minyak  setelah mengebor sumur eksplorasi  Sidayu-4. Pengeboran ini menghabiskan dana US$ 17 juta. Temuan ini berpotensi menambah produksi Saka hingga 2.500 barel per hari (bph).

Berdasarkan situs resminya, Saka Energi memiliki hak kelola hingga 100 persen di Blok Pangkah. Saka memiliki blok ini setelah berhasil memenangkan tender penjualan 75 persen hak pengelolaan milik PT Hess Indonesia pada Januari 2014 lalu. 

(Baca: Blok Pangkah Akan Jadi Penopang Lifting Kedua Setelah Cepu)

Blok Pangkah merupakan blok yang statusnya sudah berproduksi. Namun, saat ini produksi minyak dan gas bumi diambil dari Lapangan Ujung Pangkah.  Nantinya Sidayu akan menjadi lapangan kedua yang juga akan memanfaatkan fasilitas produksi yang sama dengan Lapangan Ujung Pangkah. 

Video Pilihan

Artikel Terkait