Menaker Hanif: PKB Ciptakan Kenyamanan dan Kebahagiaan Bekerja

Image title
Oleh - Tim Publikasi Katadata
18 September 2019, 18:20
Kemnaker
Kementerian Ketenagakerjaan

Jakarta – Menteri Ketenagakerjaan, M. Hanif Dhakiri, menyatakan selain berperan penting dalam mengatur hubungan industrial di tempat kerja, perjanjian kerja bersama (PKB) mampu ciptakan kenyamanan, kebahagiaan, dan kepuasan dalam bekerja.

“Perusahaan yang memiliki PKB itu 96 persen pekerjanya merasa puas. Ini artinya perusahaan dan serikat pekerja yang berhasil membuat PKB, sebagian besar pekerjanya merasa puas,” kata Hanif.  

Menaker menyampaikan hal tersebut saat memberi sambutan dalam penandatanganan PKB periode 2019-2021 antara perusahaan dan Serikat Pekerja PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan PT Toyota Astra Motor (TAM) di Jakarta, Senin, 16 September 2019.

Menaker menyebut, rasa bahagia, nyaman, dan puas  lahir karena adanya pengaturan yang jelas dalam PKB. Peraturan tersebut menyangkut hak dan kewajiban antara pekerja dan pengusaha, maupun pengaturan terkait penyelesaian perselisihan. “Sehingga kenyamanan dalam bekerja, level of happiness, mereka dalam bekerja juga meningkat,” katanya.

Menurut Hanif, sebagai sarana atau alat hubungan industrial, PKB bisa memberi pedoman ketika terjadi suatu perselisihan, karena dibuat atas kesepakatan dua pihak (pengusaha dan serikat pekerja atau serikat buruh). Meski begitu, Menaker mengingatkan, dialog sosial jangan hanya dijadikan media komunikasi tatkala ada perselisihan. Dialog sosial harus terus dilakukan secara intens dengan berbagai media dan sarana komunikasi untuk memupuk hubungan industrial yang harmonis.

Dalam kesempatan yang sama, Menaker menyampaikan apresiasi kepada manajemen dan SP/SB PT TMMIN dan PT TAM yang berhasil mewujudkan PKB ke-19 sejak perusahaan berdiri di Indonesia atau PKB ke-8 sejak adanya pemisahan peran bisnis antara PT TMMIN dan PT TAM. Hanif berharap capaian baik ini bisa menjadi contoh bagi perusahaan-perusahaan lain.

Halaman:
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...