Kemnaker Punya Empat BLK Baru

Image title
Oleh - Tim Publikasi Katadata
16 September 2019, 14:06
KEMNAKER
Katadata

Sidoarjo - Kementerian Ketenagakerjaan meresmikan empat Balai Latihan Kerja (BLK) baru untuk memperkuat akses dan mutu pelatihan vokasi.  Keempat BLK tersebut adalah BLK Sidoarjo, BLK Banyuwangi, BLK Belitung, serta BLK Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep).

Peresmian operasional keempat BLK ini dilangsungkan secara serentak di BLK Sidoarjo Jawa Timur, pada hari Jumat, 13 September 2019. "Dengan adanya penambahan keempat BLK tersebut, masyarakat memiliki akses yang lebih luas untuk mengikuti pelatihan vokasi," kata Direktur Jenderal Binalattas Kemnaker, Bambang Satrio Lelono, saat memberikan sambutan dalam peresmian empat BLK.
KEMNAKER

Peresmian BLK, menurut Bambang, sejalan dengan komitmen pemerintah untuk fokus membangun sumber daya manusia (SDM). "Kami harapkan BLK-BLK ini memberi manfaat bagi peningkatan kompetensi dan daya saing SDM. Khususnya keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan daerah-daerah," jelasnya.

Bambang juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah turut membantu pembangunan empat BLK tersebut. Secara khusus, ia menyampaikan terima kasih kepada Bupati Sidoarjo yang telah membantu hibah lahan mencapai 10 hektar, perizinan yang dipermudah, dan lain-lain. "Ini tak lepas dari bantuan Bapak-bapak sekalian, sehingga keempat BLK ini dapat berdiri untuk kemudian membantu meningkatkan kompetensi SDM," ujar Bambang.


Kepala BLK Sidoarjo, Imam Agung, menambahkan, secara fisik pembangunan empat BLK bestatus Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) tersebut telah dimulai sejak beberapa tahun lalu. Namun secara kelembagaan, BLK Sidoarjo dan BLK Banyuwangi ditetapkan sebagai BLK UPTP mulai 2018. "BLK Sidoarjo dipersiapkan untuk mencetak SDM terampil di sektor industri manufaktur, dan BLK Banyuwangi memfokuskan untuk mendukung SDM di sektor pariwisata, processing, dan beberapa kejuruan lainnya," kata Imam.


Secara kelembagaan, BLK Belitung dan BLK Pangkep ditetapkan sebagai BLK UPTP mulai 2019. "Kedua BLK tersebut akan memberikan pelatihan di bidang pariwisata, processing, dan beberapa kejuruan untuk mendukung industri manufaktur," kata Imam.

Pelatihan vokasi yang dinaungi Kementerian Ketenagakerjaan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan dan membangun sumber daya manusia yang berkualitas. Program ini diselenggarakan di BLK dengan materi pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan tenaga kerja di sektor industri.

Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement