Enam K/L Teken Nota Kesepahaman Dukung Percepatan GNP2DS

Image title
Oleh - Tim Publikasi Katadata
13 September 2019, 17:51
KEMNAKER
Katadata

Jakarta—Enam dari 17 kementerian dan lembaga (K/L) menandatangani Nota Kesepahaman Modeling Gerakan Nasional Peningkatan Produktivitas dan Daya Saing (GNP2DS) dengan Lembaga Produktivitas Nasional (LPN).

Nota ini untuk mendukung percepatan GNP2DS dan menjadikannya role model bagi seluruh kementerian maupun lembaga. Enam institusi penandatangan adalah Kementerian Pertanian, Kementerian Perhubungan, Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Asosiasi Manajemen Mutu dan Produktivitas Indonesia, Universitas Trilogi, dan Universitas Krisna Dwipayana. 

“Kemnaker berharap dengan adanya nota kesepahaman tersebut bisa dijadikan starting point di dalam modeling GNP2DS yang diterapkan di instansi pemerintah, dunia usaha/industri, lembaga pendidikan, dan organisasi kemasyarakatan secara masif dan berkesinambungan,” kata Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kemnaker Bambang Satrio Lelono.

Pernyataan Bambang ini disampaikan saat membuka kegiatan pengembangan dan penguatan jejaring dan sekaligus menandatangani nota kesepahaman modeling GNP2DS di Jakarta, Kamis, 12 September 2019. Menurut Bambang, diperlukan dukungan seluruh komponen bangsa agar peningkatan produktivitas dan daya saing berjalan lebih cepat.

GNP2DS adalah upaya yang terencana, terstruktur, sistematis, dan berkelanjutan dalam rangka meningkatkan produktivitas nasional, kesejahteraan, dan daya saing bangsa. Adapun strategi GNP2DS mencakup pengembangan sistem manajemen birokrasi, pengembangan dan inovasi teknologi, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan pengembangan budaya produktif.

Kegiatan pengembangan dan penguatan jejaring LPN ini dihelat selama tiga hari (11-13 September 2019). Acara bertujuan, pertama, meningkatkan pengetahuan, pemahaman, serta kesadaran akan arti pentingnya produktivitas dan daya saing, serta membangun komitmen untuk melaksanakan GNP2DS.

Kedua, mendorong terciptanya langkah-langkah strategis dalam pengembangan dan penguatan jejaring lembaga produktivitas yang telah dibentuk. Ketiga, meningkatkan pemahaman model praktik terbaik atau best practice pada strategi modeling GNP2DS.

Keempat, mengembangkan dan memperluas jejaring antarinstitusi pemerintah, dunia usaha, dunia pendidikan, dan masyarakatguna menyinergikan program dan kegiatan,” lanjutnya.

Halaman:
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement