Rakernas APKASI Bahas Penyelerasan Kualitas SDM Daerah

Image title
Oleh - Tim Publikasi Katadata
20 Agustus 2019, 22:55
APKASI
Katadata

JAKARTA – Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Bali pada 21-23 Agustus. Rakernas akan membahas sejumlah agenda, di antaranya soal program kerja APKASI yang bakal diselaraskan dengan visi besar pemerintah pusat terkait pembangunan sumberdaya manusia (SDM). 

”Sesuai arah besar kebijakan Presiden Jokowi dalam lima tahun ke depan. Intinya agar Indeks Pembangunan Manusia (IPM) semua daerah naik, kualitas SDM kian merata, tidak hanya unggul di kota-kota besar saja,” ujar Pelaksana Tugas Ketua Umum APKASI Abdullah Azwar Anas saat dihubungi, Senin (19/8/2019). 

Anas mengatakan, kabupaten-kabupaten siap menyelaraskan program pembangunan SDM terintegrasi, mulai dalam kandungan hingga pendidikan tingginya. Setidaknya ada lima program yang mesti dijalankan secara sinergis, yaitu kesehatan, pendidikan vokasional, peningkatan kualitas pendidik, kemudahan akses pendidikan, dan pendidikan berkarakter Pancasila.

Menurut Anas, semua hal-hal tersebut harus dilakukan secara terpadu. Misalnya terkait pendidikan vokasi, perlu kolaborasi dengan pemerintah provinsi sebagai pemegang kewenangan. Demikian pula soal kesehatan ibu dan anak, misalnya untuk penurunan stunting, harus menjadi program bersama dengan berpijak pada kearifan pangan lokal.

Terkait peningkatan kualitas pendidik, APKASI mendukung ide Kemendikbud agar menyediakan Dana Alokasi Umum (DAU) untuk gaji guru honorer, asalkan diperhitungkan dengan cermat. Dengan demikian tidak mengganggu program lain di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), yang sebagian juga dibiayai DAU.

Halaman:
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement