Azwar Anas Terpilih sebagai Ketua Umum APKASI yang Baru

Image title
Oleh - Tim Publikasi Katadata
5 Juli 2019, 10:26
APKASI
Humas APKASI

Jakarta, 4 Juli 2019 --- Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, terpilih sebagai Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) hingga 2020. Pemilihan berlangsung dalam Rapat Dewan Pengurus di sela-sela kegiatan APKASI Otonomi Expo 2019 di Balai Sidang Jakarta Convention Center Senayan, Jakarta, Rabu, 3 Juli 2019.

 

Abdullah  menggantikan Mardani H Maming yang mundur dari jabatan Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Pergantian antarwaktu ini untuk menjalankan amanat AD/ART dan menjamin keberlangsungan organisasi.

 

Selanjutnya, Azwar Anas akan bertugas menyiapkan Musyawarah Nasional APKASI yang direncanakan digelar pada 2020, dengan salah satu agenda penting memilih pengurus baru untuk periode lima tahun berikutnya.

 

"Bismillahirrahmanirrahim, saya siap mengemban amanah sebagai Ketua Umum APKASI yang baru. Saya mewakili rekan-rekan pengurus mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pak Mardani H Maming atas kontribusinya selama ini, membawa APKASI menjadi organisasi yang besar hingga seperti sekarang ini," kata Azwar Anas usai serah terima jabatan. 

 

Azwar Anas bertekad melanjutkan terobosan-terobosan yang telah diinisiasi oleh kepengurusan sebelumnya, termasuk menjalankan terobosan digital dan membangun sistem yang lebih cepat dan efisien. Menurut dia, langkah itu penting agar APKASI bisa menyerap aspirasi daerah dan responsif dalam berkoordinasi dengan kepentingan pemerintah pusat agar jalannya pembangunan di daerah sinkron dengan rencana pembangunan nasional. 

 

Mardani dalam sambutan perpisahannya mengatakan banyak dinamika yang terjadi di APKASI selama empat tahun ia menjadi ketua. “Saya mohon maaf jika selama ini ada tutur kata yang salah dan tindak tanduk yang menyakiti. Saya merasa memiliki pekerjaan rumah yang belum terselesaikan, yakni memperjuangkan kesejahteraan rekan-rekan bupati yang selama  10 tahun terakhir tidak ada kenaikan,” katanya. Ia berharap ketua umum yang baru bisa meneruskan aspirasi. Selanjutnya, Mardani akan menjadi Ketua Dewan Pembina APKASI.

 

Wiranto Buka Event APKASI Otonomi Expo 2019

 

Di tempat yang sama, APKASI menggelar kegiatan tahunan, APKASI Otonomi Expo 2019 yang dibuka secara resmi oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto, mewakili Presiden Joko Widodo yang berhalangan hadir. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement