BBPLK Serang- Universitas Taiwan Kerja Sama Pelatihan

Image title
Oleh - Tim Publikasi Katadata
28 Mei 2019, 11:44
KEMNAKER
Katadata

Serang--Balai  Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Serang sepakat mengembangkan kerja sama dengan Tatung Company dan Tatung University Taiwan.  Langkah ini untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing SDM Indonesia, dengan fokus untuk mendukung pelatihan untuk membangun Solar-Energy Storage System Training & Education. Rencananya sebanyak tujuh instruktur kejuruan listrik BBPLK Serang memperoleh pelatihan tentang listrik tenaga surya selama dua pekan  di Taiwan, 17-27 Juni 2019.  

"Proses pelatihan terhadap seed engineerIndonesia (instruktur Listrik BBPLK) dibimbing langsung oleh expert dari Tatung University Taiwan, " kata Kepala BBPLK Serang, Fauziah di kota Serang, Banten, Senin (27/5/2018).
Setelah proyek selesai, selanjutnya akan digunakan sebagai media pelatihan dan sertifikasi untuk pembangkit listrik tenaga surya bagi peserta pelatihan
 
Menurut Fauziah, tujuan pembangunan membangun pelatihan ini untuk mengurangi ketergantungan energi listrik yang dipasok oleh PLN.

Fauziah menambahkan energi baru dan terbarukan mempunyai peran sangat penting dalam memenuhi kebutuhan energi. Salah satunya upaya yang telah dikembangkan adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Fauziah menyebut setelah menjalani pelatihan selama dua pekan, ketujuh instruktur kejuruan listrik tersebut akan memperoleh sertifikat Internasional.
Program berikutnya instruktur Taiwan akan melatih di BBPLK Serang 15-19 Juli 2019 nanti. "Finalisasi skema sertifikasi pelatihan sollar cell hasil pelatihan di Taiwan dan penyusunan tahap evaluasi kepada tujuh instruktur, " kata Fauziah.

 
Fauziah menambahkan implementasi Industri 4.0 diharapkan makin efisien, sehingga meningkatkan produktivitas dan daya saing. Implikasi dari perubahan ini juga berimbas ke sektor konstruksi bangunan gedung terutama di sektor Kelistrikan. Jaringan listrik pintar yang terintegrasi dengan smart city makin menjadi keharusan. 

Selain Tatung University Taiwan, Kabid Program dan Evaluasi (PEP) BBPLK Serang Agung Wisnugroho mengungkapkan BBPLK Serang juga bekerja sama dengan KNX Association membangun pusat pelatihan Automation Bilding KNX, bersertifkat internasional, yang berlokasi di BBPLK Serang.

KNX association adalah asosiasi yang bertangungjawab terhadap standar dunia untuk smart home dan automation building berlokasi di Belgia. "Tutor/instruktur yang mengajar adalah tutor yang dilatih langsung di Belgia dan disertifikasi di sana," kata Agung. 

Dengan adanya pusat pelatihan ini peserta pelatihan mendapatkan kesempatan untuk training dan mendapat sertifikasi smart home dan automation building di Indonesia (BBPLK Serang) dengan standar dunia. Apabila lulus uji kompetensi bisa mendapatkan sertifikat partner langsung dari Belgia tanpa harus melakukan uji kompetensi di sana. 

Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...