Kementan Loloskan Tujuh Varietas Unggul Baru Padi

Image title
Oleh - Tim Publikasi Katadata
24 Januari 2019, 10:25
Basmati
Katadata

Bogor 22/1 - Kementerian Pertanian (Kementan) meloloskan tujuh calon varietas sebagai Varietas Unggul Baru (VUB) padi untuk disebarluaskan ke petani. VUB ini dipastikan menjadi faktor utama untuk mendukung peningkatan produksi dan produktivitas, serta ekspor pangan khususnya beras nasional.

 

“Kami bersama Tim Penilai Pelepasan Varietas Tanaman Pangan memutuskan sebanyak tujuh galur harapan atau calon varietas dinyatakan lulus atau memenuhi syarat untuk segera diluncurkan” jelas Kepala Balai Besar Penelitian Tanaman Padi, Priatna Sasmita di Hotel Salak, Bogor 

 

Pada sidang sementara pelepasan calon varietas padi tersebut Priatna merinci varietas yang dinyatakan lulus terdiri lima varietas padi tipe khusus, dan dua varietas untuk lahan tadah hujan. Pertama adalah beras basmati bernama Baroma, Beras Panjang Beraroma yang bertekstur pera dengan potensi hasil 9,18 ton per hektar dan kadar amililosa 25,55 persen. Dibanding dengan basmanti asli India, tipe ini lebih tahan terhadap hama dan penyakit”. 

 

Kedua adalah beras merah aromatik bernama Pamera (Padi Merah Bearoma), memiliki teksur sedang dengan potensi hasil hinggal 11,33 ton per hektar. Ketiga,  padi beras merah bernama Panelen, yaitu padi merah bertekstur pulen dengan potensi hasil 11,91 ton hektar. 

 

Halaman:
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...