Menpora Bawa Obor Asian Para Games Keliling Ternate

Image title
Oleh
9 September 2018, 20:33
Pawai obor asian para games
Katadata

Ternate: Usai diinapkan semalam di Kesultanan Ternate, Maluku Utara, Obor Asian Para Games 2018 hari Minggu (9/9) siang, untuk kali pertama dinyalakan sekaligus diarak keliling kota Ternate, Maluku Utara. Dalam pawai tersebut Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menjadi orang pertama yang menyalakan api obor, kemudian menyerahkannya kepada kepada Ketua Inapgoc Raja Sapta Oktohari, dan dilanjutkan ke atlet tenis disabilitas asal Kota Ternate Rizal Assor.

Menpora bersama rombongan menuju titik terakhir pawai obor dengan bersepeda Gowes Sepeda Nusantara bersama ratusan pesepeda. Antusiasme masyarakat Ternate tampak sepanjang perjalanan, menyambut dan mendukung pawai obor ini. "Ini momentum luar biasa bersama Haornas kita mulai kirab obor usai lentera api dibawa dari Grobogan," kata Menpora.

Pemilihan Kota Ternate bukan sembarangan. Menurut Menpora, Ternate adalah kota para sultan, pengembangan kebudayaan dan tradisi sangat diagungkan ditempat ini. "Semangat kirab obor ini betul-betul kita nyalakan sebagai bangsa untuk bersatu dalam keberagaman serta saling menghormati, termasuk kaum disabilitas dimulai dari Ternate ini," tambahnya. Untuk itu kata Menora Indonesia terus menghargai dan mengangkat harkat martabat disabilitas lewat Asian Para Games 2018.

Asian Para Games ke-3 tahun 2018 adalah even Asia pesta olahraga disabilitas yang pertama kali diselenggarakan di Indonesia. "Ini merupakan kebangkitan olahraga tanah air karena olahraga menyatukan perbedaan bangsa, Asian Games sukses, Haornas luar biasa dan Asian Para Games harus sukses mohon doanya, we are one," tambahnya. 

Ketua Inapgoc Raja Sapta Oktohari merasa bangga dan bersyukur karena Pemkot dan masyarakat Ternate sangat bekerjasama dengan baik dan antusias serta mendukung Asian Para Games 2018. “Kami mohon doanya jika Asian Games sukses semoga Asian Para Games juga mengalami hal yang sama sukses penyelenggaraan, administrasi dan prestasinya, ayo semangat terus kita gelorakan semangat peduli disabilitas," tutup Okto.

Ada sembilan orang lain yang mendapat tugas membawa api obor Asian Para Games 2018 ke beberapa titik hingga diterima Menpora Imam Nahrawi di titik terakhir di Kota Ternate. Kesembilan tokoh adalah Pangdam Pattimura Suko Pranoto, Irwasda Polda Malut Sam Yulianus Kawengian, Direktur GBK Karno Winarto, Komandan Resor Militer Babullah Endro Satoto, Kapolda Maluku Royke Lumowa, Kepala Kejaksaan Tinggi Negeri Maluku IGN Wismantanu, atlet Kejurnas Catur Ternate Ilyas Abdul Somad, Walikota Ternate Burhan Abdurahman, dan Duta Obor Ternate Selvi KDI. (ben)

Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement