Potensi Besar Pengembangan Pariwisata Buleleng

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata
16 Agustus 2018, 12:26
Danau Tambingan, Buleleng
Katadata
Danau Tamblingan, Kabupaten Buleleng

Pemerintah Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali telah sukses melaksanan Buleleng Festival (Bulfest) yang ke enam kali pada 2-6 Agustus 2018 yang lalu. Bulfest kali ini mengambil tema ‘The Spirit of Pluralism’ atau semangat keberagaman.

Selain pertujukan seni, festival ini juga diramaikan dengan berbagai macam sajian kuliner nusantara. Setidaknya ada 64 booth yang menawarkan makanan dan minuman yang menggugah selera. Bulfest merupakan festival seni dan budaya yang diadakan setiap tahun dan juga menjadi salah satu yang dipromosikan dalam 100 Calendar of Event Wonderful Indonesia.

Kepala Dinas Pariwisata Buleleng, Nyoman Sutrisna mengatakan, Buleleng memang sedang bersiap untuk menjadi tujuan utama pariwisata Bali. “Target kunjungan wisatawan selalu terpenuhi. Di tahun 2018, kami menargetkan kunjungan wisatawan ke Buleleng sebanyak satu juta kunjungan,” katanya.

Lebih lanjut Nyoman Sutrisna menjelaskan, Buleleng memiliki sebanyak 15 festival. Enam dari festival tersebut berada di tingkat kabupaten dan sembilan berada di tingkat kecamatan.

“Kami juga telah mempersiapkan 86 daya tarik wisata di Buleleng, yang sebelumnya hanya 30 daya tarik wisata, dan ini sudah di Perbub-kan,” tambah Nyoman Sutrisna.

Pertumbuhan desa wisata di wilayah Kabupaten Buleleng pun cukup pesat. “Saat ini kami memiliki 31 desa wisata dari sebelumnya hanya tujuh desa wisata,” ucap dia.

Salah satu upaya yang sedang dilakukan Pemerintah Kabupaten Buleleng adalah meningkatkan akses transportasi ke Buleleng. Salah satunya proyek yang dipersiapkan adalah pembangunan jalan pintas Denpasar ke Singaraja yang baru. Saat ini wisatawan memerlukan waktu 2-3 jam perjalanan dari Denpasar.

“Jika pembangunan jalan ini sudah selesai, waktu tempuh (Denpasar-Singaraja) menjadi satu jam saja,” ungkap Bupati Buleleng Bali, Putu Agus Suradnyana kepada Katadata pada Senin, 13 Agustus 2018.

Halaman:
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement