Kontrak Blok Mahakam, Total Usul Masa Transisi Lima Tahun

Eksplorasi yang dilakukan saat ini baru bisa dinikmati hasilnya pada 2018
Image title
Oleh
6 Maret 2015, 09:46
skk migas.jpg
www.skkmigas.go.id

KATADATA ? Total E&P Indonesie meminta pemerintah untuk segera memberikan kepastian pengelolaan Blok Mahakam dan masa transisi lima tahun setelah kontraknya habis pada 2017.

President and General Manager Total E&P Hardy Pramono mengatakan kejelasan yang dimaksud bukan berarti Total ingin diajak dalam pengelolaan Blok Mahakam setelah habis kontrak. Pihaknya akan menerima apapun keputusan dari pemerintah, meski tanpa mengajak Total.

Menurut dia Total membutuhkan kejelasan pengelolaan setelah 2017, karena menyangkut sejumlah kegiatan eksplorasi yang harus dilakukan saat ini. Kegiatan eksplorasi membutuhkan waktu empat hingga lima tahun sebelum berproduksi. Artinya eksplorasi yang dilakukan saat ini, baru bisa dinikmati hasilnya pada 2018.

Jika tidak ada kejelasan, maka kegiatan eksplorasi akan terganggu dan berakibat pada penurunan produksi. Secara alami, produksi wilayah kerja Delta Mahakam itu pasti turun, tapi tingkat penurunannya bisa dikendalikan.

Advertisement

?Memang harus ada kejelasan dari sekarang,? ujarnya seperti dikutip harian Bisnis Indonesia, Jumat (6/3).

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait