Freeport Biayai Smelter Tembaga Nasional

Investasi pembangunan smelter tembaga nasional itu mencapai US 23 miliar
Image title
Oleh
25 Februari 2015, 09:50
freeport.jpg
KATADATA/

KATADATA ? Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan bahwa PT Freeport Indonesia akan membiayai dan membangun fasilitas pengolahan dan pemurnian mineral (smelter) tembaga nasional.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM R Sukhyar mengatakan investasi pembangunan smelter tembaga nasional itu mencapai US$ 2,3 miliar. "Freeport yang berkeinginan membiayai pembangunan smelter. Freeport yang jadi legal entity," ujarnya seperti dikutip harian Investor Daily, Rabu (25/2).

Menurut dia, smelter tembaga nasional diperlukan untuk menjamin ketersediaan pasokan konsentrat bagi seluruh smelter. Kementerian telah mengumpulkan empat pemegang Kontrak Karya (KK) tembaga untuk membahas smelter tembaga nasional. Keempat KK itu yakni Freeport Indonesia, PT Newmont Nusa Tenggara, PT Gorontalo Mineral, dan PT Kalimantan Surya Kencana.

Dengan adanya kepastian pembiayaan oleh Freeport, maka ketiga perusahaan lainnya akan memasok konsentrat tembaga ke smelter tersebut. Namun, belum ada kepastian berapa banyak konsentrat yang akan dipasok oleh ketiga KK tersebut.

Advertisement
Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait