Freeport Biayai Smelter Tembaga Nasional

Image title
Oleh
25 Februari 2015, 09:50
freeport.jpg
KATADATA/

KATADATA ? Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan bahwa PT Freeport Indonesia akan membiayai dan membangun fasilitas pengolahan dan pemurnian mineral (smelter) tembaga nasional.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM R Sukhyar mengatakan investasi pembangunan smelter tembaga nasional itu mencapai US$ 2,3 miliar. "Freeport yang berkeinginan membiayai pembangunan smelter. Freeport yang jadi legal entity," ujarnya seperti dikutip harian Investor Daily, Rabu (25/2).

Advertisement

Menurut dia, smelter tembaga nasional diperlukan untuk menjamin ketersediaan pasokan konsentrat bagi seluruh smelter. Kementerian telah mengumpulkan empat pemegang Kontrak Karya (KK) tembaga untuk membahas smelter tembaga nasional. Keempat KK itu yakni Freeport Indonesia, PT Newmont Nusa Tenggara, PT Gorontalo Mineral, dan PT Kalimantan Surya Kencana.

Dengan adanya kepastian pembiayaan oleh Freeport, maka ketiga perusahaan lainnya akan memasok konsentrat tembaga ke smelter tersebut. Namun, belum ada kepastian berapa banyak konsentrat yang akan dipasok oleh ketiga KK tersebut.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement