Ekspor Empat Komoditas Wajib Pakai L/C

Jika eksportir tidak menggunakan LC surveyor tidak akan menerbitkan laporannya
Image title
Oleh
15 Januari 2015, 10:22
Rachmat Gobel
Arief Kamaludin|KATADATA
Menteri Perdagangan Rachmat Gobel.

KATADATA ? Ekspor empat komoditas unggulan yakni mineral, batubara, minyak bumi dan gas, serta minyak sawit wajib menggunakan letter of credit (L/C). Ketentuan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 4/M-DAG/PER/1/2015 tentang Ketentuan Penggunaan Letter of Credit untuk Ekspor Barang Tertentu yang berlaku efektif 1 April.

?Para eksportir wajib menggunakan cara pembayaran L/C dan melampirkan lapporan surveyor yang ditunjuk oleh Menteri Perdagangan. Jika eksportir tidak menggunakan L/C, surveyor tidak akan menerbitkan laporannya,? kata Menteri Perdagangan Rachmat Gobel seperti dikutip Bisnis Indonesia, Kamis (15/1).

Keempat komoditas tersebut dianggap sebagai keunggulan komparatif dan berperan besar terhadap total ekspor serta merupakan komoditas primer yang harus ditingkatkan nilai tambahnya. 

Advertisement
Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait