Harga CPO Turun, Kemendag Revisi Target Ekspor 5 Persen

Image title
Oleh
2 Oktober 2014, 15:01
CPO KATADATA|Agung Samosir
CPO KATADATA|Agung Samosir
KATADATA | Agung Samosir

KATADATA ? Kementerian Perdagangan berencana merevisi target ekspor tahun ini sebesar 5 persen. Hal ini dilakukan setelah harga minyak sawit (crude palm oil/CPO) terus mengalami penurunan saat ini.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan pemerintah akan merevisi target ekspor, jika dalam dua pekan ke depan harga CPO belum menunjukkan perbaikan. "Kalau nggak ada terobosan (kenaikan harga), kita akan revised down dari target ekspor. Perkiraan (turunnya) 5 persen," kata dia, di kantornya, Jakarta, Kamis (2/10).

Advertisement

Pada tahun ini, pemerintah mematok target ekspor sebesar US$ 190 milliar. Jika direvisi, pemerintah hanya akan menargetkan sebesar US$ 180,5 miliar. (Baca: Neraca Perdagangan Agustus Defisit US$ 318 Juta)

Menurut dia, ekspor CPO mencapai lebih dari US$ 20.000. Sementara, sejak awal tahun harga terus mengalami penurunan hingga 25 persen. Lutfi menyebutkan, pada Januari 2014 harga CPO mencapai US$ 920 per ton, dan Agustus ini turun menjadi US$ 726 per ton. 

Turunnya harga ini dikarenakan permintaan global akan CPO berkurang. Selain itu, dari dalam negeri, penggunaan CPO juga tidak terlalu banyak. Menurut Lutfi, jika ada sektor baru yang menggunakan CPO untuk usahanya, akan bisa mendorong penguatan harga. (Baca: Kemendag: Circle K Jual 100 Persen Produk Lokal)

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement