Pertamina Akan Bangun 150 SPBG Setiap Tahun

Image title
Oleh
25 September 2014, 09:17
SPBG KATADATA | Agung Samosir
SPBG KATADATA | Agung Samosir
KATADATA | Agung Samosir

KATADATA ? PT Pertamina (Persero) berencana akan membangun 150 stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) dengan investasi sebesar Rp 1,5 triliun dalam satu tahun. Pembangunan SPBG ini sepenuhnya akan menggunakan dana internal perseroan.

Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya mengatakan SPBG yang dibangun tersebut akan menempel pada SPBU yang sudah ada. Pertamina akan menambah fasilitas pengisian bahan bakar gas (BBG) berupa dispenser, kompresor, pengering dan fasilitas lainnya.

Advertisement

Saat ini Pertamina memiliki 5.000 SPBU di seluruh Indonesia, 3.000 diantaranya berada di Pulau Jawa dan Bali. "Pertamina bisa siapkan 5 persen dari SPBU di Jawa-Bali ditambah fasilitas pengisian BBG, jadi bakal ada 150 SPBG dalam satu tahun. Tidak ada badan usaha lain yang lebih siap dari Pertamina," ujar Hanung, seperti dikutip harian Investor Daily, Kamis (25/9).

Hanung mengungkapkan, jika ingin dilakukan konversi ke BBG, tidak dengan klustering atau satu wilayah kecil saja. Pasalnya, pemilik kendaraan berbahan bakar gas pastinya ingin bisa mengisi bahan bakar dimana saja mereka bepergian. Sehingga, pilihan melakukan konversi idealnya dilakukan langsung di seluruh Jawa-Bali.

Nantinya, dengan model SPBU/G atau SPBU terintegrasi dengan fasilitas pengisian BBG, konversi lebih mudah diterapkan. Model ini juga meminimalkan hambatan pembangunan SPBG seperti pembebasan lahan dan perizinan. Sehingga, pembangunan SPBG bisa lebih cepat dan murah.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement