Pemerintah Percepat Penyelesaian Proyek di Sektor ESDM

Image title
Oleh
11 September 2014, 19:10
ESDM KATADATA | Arief Kamaludin
ESDM KATADATA | Arief Kamaludin
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Kementerian ESDM mempercepat pengerjaan sejumlah proyek sebelum masa pemerintahan periode 2009-2014 berakhir. Beberapa program prioritas tersebut mencakup sektor minyak dan gas (migas), mineral dan batubara (minerba), serta sektor kelistrikan.

Wakil menteri ESDM Susilo Siswoutomo mengatakan, pada proyek migas yang akan menjadi prioritas adalah penyelesaian proses perizinan pengembangan gas alam cair Tangguh, Papua Barat.

Kemudian pemerintah juga akan mempercepat proses perizinan megaproyek gas laut dalam (Indonesia Deepwater Development/IDD) senilai US$ 12 miliar milik PT Chevron Pacific Indonesia.

Perkembangan terakhir proyek ini, perusahaan belum mendapat izin perpanjangan kontrak Blok Makasar Strait yang akan habis pada 2020. Selain itu, perubahan plan of development (PoD) pada proyek tersebut juga belum memperoleh restu dari pemerintah.

?Finalisasi permen (peraturan menteri ) perpanjangan kontrak sudah selesai. Saya harapkan akhir bulan ini selesai,? ujar Susilo di kantornya, Jakarta, Kamis (11/9).

Kemudian yang juga masuk dalam tahap finalisasi adalah kontrak kerja sama (KKS) Blok Mahakam yang akan berakhir pada 31 Maret 2017. Saat ini, Blok Mahakam dipegang oleh Total E&P Indonesie dan Inpex Corporation.

Halaman:
Reporter: Rikawati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...