JK Bantah Sebabkan Karen Mundur

Beredar isu bahwa JK mengancam akan mencopot jabatan Karen pada pemerintahannya mendatang
Image title
Oleh
18 Agustus 2014, 18:22
Jusuf Kalla
Arief Kamaludin|KATADATA
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Jusuf Kalla (JK) membantah isu yang beredar bahwa mundurnya Karen Agustiawan sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero), karena mendapat ancaman dari Wakil Presiden terpilih dalam pemilihan presiden 2014 tersebut.

?Tidak benar,? ujar JK kepada Katadata, Senin (18/8).

Sebelum Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengumumkan pengunduran diri Karen sebagai Dirut Pertamina, beredar isu bahwa JK mengancam akan mencopot jabatan Karen, pada pemerintahannya mendatang. Isu yang beredar, JK sempat menemui Karen belum lama ini, dan meminta Karen melakukan sesuatu.

Namun, Karen menolak permintaan tersebut. Akhirnya JK pun mengancam akan mengganti posisi Karen pada pemerintahan mendatang. Padahal masa jabatan Karen seharusnya berakhir pada 2018.

(Baca: Karen Mundur Saat Pertamina Kesulitan Keuangan)

Mantan Direktur Utama Pertamina sebelum Karen, Ari Soemarno mengaku sudah mendengar adanya isu tersebut. Namun, Ari yang sudah lama mengenal JK, sangat yakin bahwa JK tidak mungkin melakukan hal tersebut. Menurutnya, JK merupakan orang yang memiliki integritas yang tinggi.

?Silakan ditanyakan sendiri ke Ibu Karen, kalau memang Pak JK mengancamnya. Saya tantang kalau memang itu benar,? ujar Ari.

Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir mengatakan alasan pengunduran diri Karen sebagai Direktur Utama Pertamina adalah atas inisiatif sendiri dan karena alasan pribadi. Dia menegaskan pengunduran diri Karen, tidak ada hubungannya dengan kebijakan pemerintah atau masalah politik.

"Saya tegaskan tidak ada (hubungan dengan kebijakan atau politik). Proses (pengunduran diri) ini sudah lama, sejak tahun lalu," ujarnya.

Menurutnya, Karen merasa perlu ada regenerasi di tubuh Pertamina, mengingat Karen sudah enam setengah tahun menjabat sebagai dirut. Karen adalah Dirut pertama, yang memimpin Pertamina dalam dua periode, sejak 1998.

 

Reporter: Safrezi Fitra
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait