Karen Mundur Saat Pertamina Kesulitan Keuangan

Image title
Oleh
18 Agustus 2014, 17:17
Pertamina KATADATA|Donang Wahyu
Pertamina KATADATA|Donang Wahyu
KATADATA | Donang Wahyu

KATADATA ? Mantan Direktur Utama Pertamina Ari Soemarno mempertanyakan alasan mundurnya Karen Agustiawan dari Direktur Utama (Dirut). Pasalnya pengunduran diri Karen terjadi pada saat Pertamina kesulitan keuangan.

?Ini kan seperti lari dari tanggung jawab. Kenapa waktu diangkat kembali tahun lalu, dia (Karen) menyanggupi,? ujar Ari kepada Katadata, Senin (18/8).

(Baca: Di Bawah Karen, Pertamina Masuk Jajaran Perusahaan Top Dunia)

Menurutnya, tahun lalu Karen masih menerima untuk diangkat kembali sebagai Dirut Pertamina, karena saat itu perusahaan minyak dan gas negara tersebut sedang bersinar. Sementara saat ini kondisinya Pertamina sedang menghadapi banyak beban yang menggerus keuangannya.

Beban tersebut bisa terlihat dari klaim rugi Pertamina sekitar US$ 45 juta, akibat menjual solar kepada PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) yang lebih rendah dari nilai keekonomiannya. Pertamina juga mengaku rugi sekitar Rp 6 triliun dari penjualan elpiji, yang menjadi alasan perusahaan tersebut berencana menaikkan harga elpiji 12 kilogram.

Makanya, saat ini pertamina masih menagih selisih kerugian harga jual yang terjadi sejak tahun lalu kepada PLN. Selain itu, rencana Pertamina menaikkan harga elpiji 12 kilogram pun harus tertunda, karena belum mendapat persetujuan dari pemerintah.

Halaman:
Reporter: Safrezi Fitra
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...