Menteri Perindustrian Diharapkan dari Kalangan Industrialis

Image title
Oleh
18 Agustus 2014, 17:04
industri-bergantung-pada-listrik
KATADATA
KATADATA | Agung Samosir

KATADATA ? Sosok menteri perindustrian di dalam kabinet mendatang diharapkan mampu melakukan pemetaan terhadap fokus industri nasional yang akan dikembangkan. 

Ade Sudrajat, Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia, mengatakan menteri perindustrian yang baru sebaiknya berasal dari kalangan pengusaha, terutama dari kalangan industrialis. Dia menilai selama ini Kementerian Perindustrian tidak jelas dalam menentukan arah pembangunan industri.

?Pemahaman menterinya terhadap pemetaan industri kurang. Mungkin karena bukan industrialis, melainkan dari kalangan real estate,? kata dia saat dihubungi Katadata, Senin (18/8).

Dia mencontohkan pada industri permesinan yang kurang berkembang karena kurang mendapatkan perhatian. Semestinya, kata dia, Indonesia memiliki banyak perusahaan yang membuat mesin-mesin yang akan dipakai untuk industri di dalam negeri.

?Seharusnya pabrik baja yang dibangun adalah yang langsung membuat mesin atau perkakas tooling. Bisa pabrik sekelas UKM (usaha kecil dan menengah) atau besar,? kata Ade.

Langkah ini, kata dia, dapat dimulai dengan bisa mengacu pada statistik industri yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS), yakni dengan melihat nilai input dan output dari masing-masing sektor industri.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati, Aria W. Yudhistira
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...