Di Bawah Karen, Pertamina Masuk Jajaran Perusahaan Top Dunia

Image title
Oleh
18 Agustus 2014, 13:55
pertamina-indonesia-katadata.jpg
KATADATA | Donang Wahyu

KATADATA ? Karen Agustiawan adalah perempuan pertama yang menjabat sebagai Direktur Utama PT Pertamina (persero) pada. Di tangan perempuan kelahiran 19 Oktober 1958 ini, Pertamina mengubah visi dari sekadar perusahaan minyak dan gas (migas) menjadi perusahaan energi kelas dunia dengan tema ?Aggressive in Upstream. Profitable in Downstream?.

Menurut dia, perubahan ini penting dilakukan lantaran penemuan sumber-sumber minyak baru kian sulit. Sementara Pertamina dituntut untuk terus memenuhi kebutuhan energi nasional yang semakin meningkat.

Saat memberikan paparan di forum yang diselenggarakan Center for Strategic an International Studies, Washington DC, Amerika Serikat pada 10 April 2013, Karen memaparkan kegalauannya tentang konsumsi energi primer Indonesia yang semakin meningkat. Kondisi yang menyebabkan beban anggaran subsidi meningkat.

Sejalan dengan itu, Pertamina mulai melakukan penelitian dan mengembangkan energi terbarukan, seperti panas bumi, shale gas, gas metana batubara, algae atau ganggang, juga tenaga angin. Meski begitu, perseroan tetap gencar melakukan ekspansi di bidang migas, baik di dalam maupun di luar negeri.

(Baca: Dirut Pertamina Karen Agustiawan Mundur per 1 Oktober 2014)

Pada 2012, Pertamina berhasil menaikkan produksi minyak 196 ribu barel per hari atau 22 persen dari total produksi minyak nasional. Sedangkan produksi gas sebesar 265 ribu setara barel per hari atau 18 persen dari produksi gas nasional. Bila mengacu pada visi jangka panjang Pertamina, pada 2025 tingkat produksi mencapai 2,2 juta setara barel minyak per hari.

Halaman:
Reporter: Aria W. Yudhistira
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...