Kuartal II, Properti Mulai Merangkak

Image title
Oleh
16 Juli 2014, 19:08
Pameran Properti
Agung Samosir|KATADATA
KATADATA | Agung Samosir

KATADATA ? Pasar properti pada kuartal II tahun ini secara perlahan mulai menanjak, setelah sebelumnya terus turun sejak pertengahan tahun lalu. Akan tetapi pasanya masih lebih rendah dibandingkan tahun lalu.

Kepala Riset konsultan properti Jones Lang Lasalle Anton Sitorus mengatakan penyerapan ruang kantor, pusat perbelanjaan dan kondominium (apartemen) pada kuartal II tahun ini lebih tinggi dibandingkan kuartal sebelumnya.

Jones Lang Lasalle mencatat penyerapan ruang kantor di kawasan pusat bisnis (central business district/CBD), selama Januari-Juni mencapai 37.500 meter persegi, dengan penyerapan kuartal II tercatat 21.500 meter persegi. Namun tetap masih kalah jauh dibandingkan periode sama 2013 yang mencapai 90 ribu meter persegi.

Penyerapan ruang kantor di luar CBD pada kuartal II-2014 relatif sama dengan kuartal I-2014 di kisaran 19.600 meter persegi. Selama Januari-Juni total penyerapan 39.130 m2 per bulan, juga masih lebih kecil dibandingkan periode yang sama pada 2013.

Meski lebih rendah dari tahun lalu, penyerapan pusat perbelanjaan pada kuartal II-2014, 290 persen lebih tinggi dibandingkan kuartal I-2014. Masih rendahnya penyerapan ruang ritel melambat karena Rupiah yang terus alami pelemahan yang berpengaruh terhadap kinerja penyewa.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Arsip
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...