Asing Masuk, Permintaan Kondominium Akan Meningkat

Image title
Oleh
16 Juli 2014, 16:38
Apartemen KATADATA | Agung Samosir
Apartemen KATADATA | Agung Samosir
KATADATA | Agung Samosir

KATADATA ? Konsultan properti Jones Lang Lasalle (JLL) menuturkan adanya sinyal positif terkait wacana kepemilikan properti oleh orang asing oleh pemerintahan baru. Selain dapat meningkatkan penerimaan negara, hal ini juga dapat meningkatkan permintaan properti untuk segmen kelas atas, khususnya apartemen atau kondominium.

Head of research Jones Lang Anton Sitorus meyakini dengan adanya kepemilikan asing, permintaan kondominium kelas menengah atas akan meningkat. Peluncuran proyek baru akan marak dilakukan. Selain itu, harga juga berpotensi meningkat. Karena saat ini kenaikan harga kondominium cenderung stabil, dikisaran 35 juta meter persegi per bulan untuk highend class.

?Kalau high end dan upper masih stabil, kalau middle dan lower middle naik sedikit di kisaran Rp 20 juta meter persegi per bulan dan Rp 15 juta meter persegi per bulan,? ujar Kepala Riset Jones Lang Lasalle, di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (16/7).

Sayangnya Anton enggan menyebutkan besaran potensi kenaikan permintaan kondominium, jika asing masuk. Kenyataannya, meski dibatasi seperti sekarang pun, banyak orang asing yang memiliki properti secara illegal. Bahkan kepemilikannya bisa lebih dari dua.

Saat ini, penjualan strata kondominium mencapai 4.000 unit, naik 15 persen dibandingkan kuartal 1-2014. Jones Lang mencatat, penjualan selama Januari-Juni mencapai 17.000 unit, naik dari 2013 yang hanya 13.400 unit.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Arsip
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...