PLN Kucurkan Rp 1,4 Triliun Untuk Proyek Gas

Image title
Oleh
27 Juni 2014, 10:41
CNG Plan KATADATA | Arief Kamaludin
CNG Plan KATADATA | Arief Kamaludin
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mengucurkan dana hingga Rp 1,4 triliun untuk membangun serangkaian fasilitas gas kompresi (compressed natural gas/CNG) di Gresik, Jawa Timur. Gas ini nantinya akan dimanfaatkan untuk mengisi kebutuhan pembangkit listrik di Lombok, yang selama ini menggunakan BBM (bahan bakar minyak).

?Jadi, Rp 1,4 triliun yang berasal dari internal PLN ini untuk proyek secara keseluruhan, yakni pembangunan CNG station plant area di Gresik, Vessel untuk mengangkut CNG, dan penerimaan CNG di Lombok,? ujar General Manager Unit Induk Pembangunan (UIP) VIII PLN Wiluyo Koesdwiharto, seperti dikutip harian Investor Daily, Jumat (27/6).

Menurut Wiluyo, PLN melakukan kontrak gas dengan mekanisme take or pay. Berarapun gas yang dipakai dalam batas tertentu, PLN wajib membayar secara flat atau konstan. Padahal penggunaan gas dalam pembangkit tidaklah konstan, namun mengikuti kebutuhan beban yang selalu berubah.

Karenanya PLN melakukan terobosan dengan memanfaatkan sisa gas yang tak terpakai untuk dikompres dan kirim ke Lombok. Tapi tidak menutup kemungkinan PLN menyalurkannya ke wilayah lain dengan membangun stasiun penerimaan CNG.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...