Antam Siap Akuisisi Saham Divestasi Freeport

Antam akan menggandeng pihak ketiga untuk bisa membeli seluruh sisa divestasi Freeport sebesar 2064 persen
Image title
Oleh
10 Juni 2014, 08:57
Freeport_ptfi.jpg
KATADATA |
www.ptfi.co.id

KATADATA ? PT Aneka Tambang Tbk (Antam) siap membeli sisa saham divestasi PT Freeport Indonesia yang ditawarkan pada 2016 mendatang. Nantinya, Antam akan menggandeng pihak ketiga untuk bisa membeli seluruh sisa divestasi Freeport sebesar 20,64 persen.

Tri Hartanto, Sekretaris Perusahaan Antam, mengatakan pembelian 20,64 persen saham Freeport tersebut tergantung keputusan pemerintah. Namun jika diminta untuk mengakuisisi, Antam siap melaksanakan perintah tersebut. ?Jika pemerintah menyatakan Antam untuk masuk mengelola saham tesebut, siap tidak siap. Mau tidak mau, kami harus siap,? kata dia seperti dikutip Kontan, Selasa (10/6).

Meski begitu, Hartanto mengatakan, Antam tidak memiliki kas memadai untuk mengakuisisi 20,64 persen saham tersebut yang harganya skeitar US$ 1,78 miliar. Namun perseroan siap mencari pendanaan untuk memenuhi kebutuhan akuisisi tersebut. ?Misalnya nanti kami mencari partner agar dana akuisisi bisa terpenuhi,? ujarnya.

Menurutnya, bila akuisisi tersebut terealisasi, bisa jadi bentuk divestasi bisa berbentuk kerja sama dalam pembangunan smelter. ?Kami akan evaluasi dulu dengan solusi-solusi yang baik seperti apa sebagai bahan alternatif. Yang jelas jika pemerintah mengizinkan kami siap mengakuisisi,? kata Hartanto. 

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait