2014, Elnusa Targetkan Punya Perusahaan Biodiesel

PT Elnusa Tbk menargetkan bisa mengakuisisi perusahaan pengolahan biodiesel akan selesai pada tahun ini Meski demikian perseroan menganggap proyek ini merupakan proyek jangka panjang sehingga memakan waktu yang lama Menu
Image title
Oleh
9 Mei 2014, 16:47
elnusa.jpg
KATADATA/
www.elnusa.co.id

KATADATA ? PT Elnusa Tbk menargetkan bisa mengakuisisi perusahaan pengolahan biodiesel akan selesai pada  tahun ini. Meski demikian perseroan menganggap proyek ini merupakan proyek jangka panjang, sehingga memakan waktu yang lama.  

Menurut Sekretaris Perusahaan Elnusa Fajriah Usman, untuk akuisisi ini, perseroan menganggarkan dana sebesar US$ 10-15 juta. Pada tahap pertama tahun ini perseroan menggelontorkan US$ 7,7 juta.  

?Karena kan ada beberapa tahap, apa kami mau akuisisi saham, aset, atau pabriknya. Mungkin saja akuisisi bisnisnya, nah itu lagi kami diskusikan,? ujar Fajriah, usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) perseroan, di Jakarta, Jumat (9/5).  

Dia menambahkan, untuk masuk ke bisnis biodiesel, perseroan akan bekerjasama dengan perusahaan perkebunan di Sumatera Selatan. Kerjasama nantinya akan dilakukan dengan lima perusahaan kelapa sawit untuk memenuhi kebutuhan bahan bakunya.  

Advertisement

Sementara dana yang akan digunakan untuk usaha baru ini disisihkan dari anggaran belanja modal tahun ini. Adapun belanja modal tahun ini sebesar US$ 120 juta, diantaranya untuk pengembangan bisnis di sektor hulu, Drilling and Oilfield Services (DOS), dan kebutuhan geoseismik. Anggaran belanja modal ini didapat dari kas internal sebesar 30 persen, dan sisanya 70 persen dari pinjaman bank.  

Terlepas dari ekspansi tersebut, tahun ini perseroan menargetkan dapat meraup pendapatan sebesar Rp 5 triliun. Lebih tinggi 22 persen dari perolehan tahun lalu sebesar Rp 4,1 triliun.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait