2014, Elnusa Targetkan Punya Perusahaan Biodiesel

Image title
Oleh
9 Mei 2014, 16:47
elnusa.jpg
KATADATA/
www.elnusa.co.id

KATADATA ? PT Elnusa Tbk menargetkan bisa mengakuisisi perusahaan pengolahan biodiesel akan selesai pada  tahun ini. Meski demikian perseroan menganggap proyek ini merupakan proyek jangka panjang, sehingga memakan waktu yang lama.  

Menurut Sekretaris Perusahaan Elnusa Fajriah Usman, untuk akuisisi ini, perseroan menganggarkan dana sebesar US$ 10-15 juta. Pada tahap pertama tahun ini perseroan menggelontorkan US$ 7,7 juta.  

?Karena kan ada beberapa tahap, apa kami mau akuisisi saham, aset, atau pabriknya. Mungkin saja akuisisi bisnisnya, nah itu lagi kami diskusikan,? ujar Fajriah, usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) perseroan, di Jakarta, Jumat (9/5).  

Dia menambahkan, untuk masuk ke bisnis biodiesel, perseroan akan bekerjasama dengan perusahaan perkebunan di Sumatera Selatan. Kerjasama nantinya akan dilakukan dengan lima perusahaan kelapa sawit untuk memenuhi kebutuhan bahan bakunya.  

Sementara dana yang akan digunakan untuk usaha baru ini disisihkan dari anggaran belanja modal tahun ini. Adapun belanja modal tahun ini sebesar US$ 120 juta, diantaranya untuk pengembangan bisnis di sektor hulu, Drilling and Oilfield Services (DOS), dan kebutuhan geoseismik. Anggaran belanja modal ini didapat dari kas internal sebesar 30 persen, dan sisanya 70 persen dari pinjaman bank.  

Terlepas dari ekspansi tersebut, tahun ini perseroan menargetkan dapat meraup pendapatan sebesar Rp 5 triliun. Lebih tinggi 22 persen dari perolehan tahun lalu sebesar Rp 4,1 triliun.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...