Target Omzet Ritel Tahun Ini Rp 162,8 Triliun

Image title
Oleh
11 April 2014, 00:00
3412.jpg
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Pengusaha ritel memperkirakan penjualan ritel tahun ini mencapai Rp 162,8 triliun. Angka penjualan ini meningkat 10 persen dibandingkan nilai penjualan tahun lalu sebesar Rp 148 triliun.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Tutum Rahanta mengatakan dalam tiga tahun terakhir pertumbuhan penjualan ritel berada di sekitar angka 10%. Tahun lalu, penjualan ritel tumbuh 9,6 persen. Makanya tahun ini pun Aprindo memperkirakan pertumbuhannya sekitar 10 persen.

Advertisement

?Perkiraan kami, pertumbuhannya sekitar 10 persen. Karena pemerintah sudah mematok pertumbuhan ekonomi 5,8 persen, berarti peredaran uang pun dibatasi tidak bisa lebih,? ujar Tutum kepada Katadata, Jumat (11/4).

Menurutnya, momentum kampanye menjelang pemilihan umum (Pemilu) hanya sedikit pengaruhnya terhadap penjualan ritel. Momentum pemilu mungkin akan menambah penjualan, tapi pertumbuhannya masih kecil. Puncak penjualan masih tetap terjadi pada hari raya dan periode anak masuk sekolah.

Pertumbuhan penjualan tahun ini bisa sedikit lebih tinggi dari tahun lalu, tapi bukan hanya karena momentum pemilu. Pertumbuhan penjualannya bisa sedikit di atas 10 persen tahun ini, seiring dengan panambahan jumlah ritel baru. ?Tapi masih di kisaran 10 persen itu,? ujarnya.

Selama ini, kata Tutum, kontribusi penjualan produk ritel masih imbang antara food (makanan dan minuman) dan nonfood (elektronik, pakaian, peralatan rumah tangga, dan lain-lain).

Reporter: Safrezi Fitra
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement