Konsorsium Sarulla Dapat Pinjaman US$ 1,17 Miliar

Image title
Oleh
2 April 2014, 00:00
3267.jpg
Arief Kamaludin|KATADATA
Sumber: Setkab.go.id

KATADATA ? PT Medco Porwer Indonesia (MPI) yang tergabung dalam konsorsium Sarula Operators Ltd (SOL) bersama Utochu Corporation, Kyushi Electric Power Cp dan Prmat International Inc menandatangani perjanjian pinjaman senilai U$ 1,17 miliar. Dana tersebut akan dipergunakan untuk pembangunan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Sarulla.

Seperti dikutip Investor Daily (2/04), Presiden Direktur MPI Fazil Erwin Alfitri mengatakan para pemberi pinjaman adalah Japan Bank For International Coorperation (JBIC), Asian Development Bank (ADB), dan konsorsium dari beberapa bank komersial yang teridiri dari Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ Ltd ING Bank NV, Mizuo Bank Ltd, National Australia Bank, Societe Generale dan Summitomo Mitsui Banking Corporation sebagai Mandated Lead Arrengers.

"Dana tersebut akan dipergunakan untuk pembangunan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Sarula. Dengan tenor pinjaman selama 20 tahun dan 7 bulan masa tenggang," kata Fazil.

Fazil menjelaskan PLTP Sarulla berkapasitas 3 x 10 megawatt (MW) terletak di Tapanuli, Sumatera Utara. Proyek Panas bumi ini dengan kontrak tungal terbesar di dunia pada saat ini. MPI memiliki porsi kepemilikan tebresar di SOL yaitu 37,25 persen melalui PT Medco Geopower Sarulla.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...