Menkeu: Februari Surplus Perdagangan US$ 500 Juta

Menteri Keuangan Chatib Basri memperkirakan neraca perdagangan Februari 2014 akan surplus di kisaran di bawah U 500 juta Perkiraan itu di bawah prediksi Bank Indonesia yang memperkirakan bisa mencapai surplus US 760 juta pada Februari
Image title
Oleh
28 Maret 2014, 00:00
3236.jpg
Arief Kamaludin | KATADATA
KATADATA | Donang Wahyu

KATADATA ? Menteri Keuangan Chatib Basri memperkirakan neraca perdagangan Februari 2014 akan surplus di kisaran di bawah U$ 500 juta. Perkiraan itu di bawah prediksi Bank Indonesia yang memperkirakan bisa mencapai surplus US$ 760 juta pada Februari.

Pada Januari lalu, neraca perdagangan Indonesia defisit US$ 430 juta. Chatib mengatakan defisit itu merupakan tren di awal tahun. Namun di bulan Februari dan seterusnya neraca perdagangan akan kembali surplus. "Biasanya Januari defisit. Februari surplus kecil dan bulan selanjutnya makin tinggi," ujar Chatib di Kantor Direktorat Jenderal Pajak, Kamis malam (27/3).

Perkiraan surplus sebesar US$ 500 juta ini terbilang lebih konservatif jika dilihat dari data bea cukai. "Tapi kami berharap semoga prediksi BI (surplus US$ 760 juta) benar," ujarnya.

Surplus neraca perdagangan itu menurut Chatib disebabkan turunnya impor, yang didukung kebijakan kenaikan PPh 22 atas impor barang konsumsi dari 2,5 persen menjadi 7,5 persen. Ditambah adanya perubahan kebijakan atas fasilitas pembebasan atas impor bahan baku untuk tujuan ekspor (KITE). "Saya kira beberapa kebijakan itu mulai ada dampaknya," ujar Chatib.

Advertisement
Reporter: Rikawati
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait